Penerapan Dynamic Audio Pada 2d Endless Runner Game Menggunakan Pure Data

Darmawan, Ade (2019) Penerapan Dynamic Audio Pada 2d Endless Runner Game Menggunakan Pure Data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

2D platformer game adalah genre game yang di mana pemain menggerakkan karakter melalui sisi samping kamera dan diharuskan melewati rintangan yang ada untuk mencapai objektif tertentu. Teknik dalam pengembangan game untuk menambah pengalaman bermain juga berkembang sangat pesat. Dapat diambil contoh yaitu penerapan dynamic audio. Penggunaan dynamic audio dalam game akan memberikan kelebihan daripada menggunakan static audio dengan memasukkan beberapa asset untuk tiap gerakan. Penelitian ini menggunakan Pure Data untuk mengimplementasikan dynamic audio pada 2D endless runner game. Pure Data memiliki cara visual untuk memprogram suara, yaitu dengan menghubungkan kotak-kotak kecil bersama dengan kabel virtual. Oleh karena itu penggunaan Pure Data untuk menerapkan dynamic audio pada 2D endless runner game sangat disarankan dengan mempertimbangkan kemudahan dalam menerapkannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari rancangan yang telah ditentukan sebelumnya didapatkan hasil valid dan berhasil dijalankan pada 2D endless runner game yang memiliki FPS tidak berbeda signifikan dengan penggunaan static audio. Rata-rata FPS yang didapat yaitu 62,4 FPS untuk dynamic audio dan 62,1 FPS untuk static audio yang dapat disimpulkan bahwa penerapan dynamic audio pada 2D Endless Runner Game tidak memberikan perbedaan performa.

English Abstract

2D platformer game is a genre game where players move characters through a side camera and are required to pass existing obstacles to achieve certain goals. Techniques in game development to add to the playing experience are also growing very rapidly. Can be taken an example of the application of dynamic audio. The use of dynamic audio in the game will provide the advantage of using static audio by entering multiple assets for each movement. This research uses Pure Data to implement dynamic audio in endless 2D game runners. Pure Data has a visual way to program sound, namely by connecting small boxes together with virtual cables. Therefore the use of Pure Data is to apply dynamic audio to endless 2D game runners that are highly preferred with consideration of convenience in applying them. The results of this study prove that from predetermined designs obtained valid results and successfully run on 2D runner endless games that have FPS are not significantly different from the use of static audio. The average FPS obtained is 62.4 FPS for dynamic audio and 62.1 FPS for static audio which can be ignored as well as the application of dynamic audio in 2D Endless Runner Games does not provide performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/56/051902226
Uncontrolled Keywords: 2D Platformer, Endless Runner Game, Dynamic Audio, Pure Data, 2D Platformer, Endless Runner Game, Dynamic Audio, Pure Data
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.5 Digital audio
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:45
Last Modified: 24 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169371
[thumbnail of Ade Darmawan (2).pdf]
Preview
Text
Ade Darmawan (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item