Evaluasi Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire

Ningrum, Sri Wulandari (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ojesy merupakan aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dikalangan wanita dan anak-anak. Layanan tersebut berupa layanan ojek dan kurir. Aplikasi Ojesy sudah diunduh sebanyak 10 ribu kali, namun banyak pengguna memberikan ulasan negatif pada aplikasi karena masih memiliki kekurangan terkait permasalahan tampilan, fitur menu kurang, tidak terlihat titik pengemudi yang tersedia, GPS kurang akurat, pendektesian alamat susah sehingga mengisi alamat secara manual dan beberapa pengguna bingung melihat estimasi biaya. Berdasarkan dari ulasan pengguna tersebut mengacu pada permasalahan usability. Usability adalah aspek penting pengukuran kualitas aplikasi yang menjadi tolak ukur menentukan sejauh mana produk atau layanan dapat digunakan pengguna untuk mencapai tujuan dan seberapa mudah menggunakan antarmuka aplikasi tersebut. Pengukuran usability penelitian ini menggunakan metode usability testing dimana proses evaluasi dilakukan secara langsung pada sampel pengguna. Pengujian ini terdapat tiga tahap, pertama tes skenario tugas, kedua mengisi kuesioner dan ketiga wawancara. Pengujian juga menggunakan kuesioner USE yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Setiap parameter memiliki beberapa pernyataan yang diberikan kepada pengguna untuk menilai tingkat usability aplikasi Ojesy. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal untuk menganalis tingkat usability dan permasalahan awal sebelum diberikan rekomendasi. Kemudian pengujian akhir dilakukan rekomendasi perbaikan berupa prototype dengan menggunakan pedoman Material Design agar mendapatkan hasil yang baik, kemudian diuji kembali untuk mendapatkan nilai usability akhir. Hasil nilai kegunaan dari pengukuran usability awal adalah sebesar 42,75 % dengan predikat cukup dan nilai usability akhir setelah rekomendasi perbaikan tampilan sebesar 80,75 % dengan predikat baik.

English Abstract

Ojesy is an application that provides online transportation services to fulfil customer needs among women and children. The service is in the form of bike and courier. The Ojesy application has been downloaded about ten thousand times, although many users have negative reviews on the application because it still has shortcoming related to interface problems, lack of menu features, unclear of available pengemudi points, GPS inaccurate, difficult of address detection so it needs to fill the address manually and some of the users are confused to check the estimate cost. Based on these users reviews, is a reffering to usability problems. Usability is an important aspect of measuring application quality which is a benchmark for determining whether the service can be used by the user to reach their goals or not and how easy it is to use the application's interface. Usability measurement of this study uses the usability testing method where the evaluation process is carried out directly on the sample user. This test has three stages, the first test is scenario task, the second is completes the questionnaire and the third is interview. Testing also uses a USE questionnaire that includes four parameters, namely usefulness, ease of use, ease of learning and satisfaction. Each parameter has several statements given to the user to assess the level of usability of the Ojesy application. The test was conducted twice, namely the initial test to analyze the level of usability and initial problems before being given a recommendation. Then the final test is recommendation for improvements in the form of a prototype using the Material Design guidelines to get good results, then tested again to get the final usability value. The results of the usability values of the initial usability measurements were 42.75% with sufficient predicate and the final usability value after recommendations for display improvement were 80.75% with good predicate.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/79/051902249
Uncontrolled Keywords: usability, pengujian usability, kuesioner USE, aplikasi Ojesy, usability, testing of usability, USE questionnaire, Ojesy application
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:45
Last Modified: 24 Aug 2020 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169327
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item