Efektifitas Pelaksanaan Pasal 5 Peraturandaerah Mojokerto Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Kebersihan Dan Pertamanan Terhadap Pengelolaansampah Di Kabupaten Mojokerto

Sudiq, Okki Febriansyah (2019) Efektifitas Pelaksanaan Pasal 5 Peraturandaerah Mojokerto Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Kebersihan Dan Pertamanan Terhadap Pengelolaansampah Di Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sampah merupakan sisa dari barang yang dikonsumsi oleh manusia, dan sisa barang tersebut dibuang dan menjadi sampah. Setiap aktifitas manusia pasti menghasilkan buangan atau sampah. Jumlah volume sampah sendiri tidak sebanding dengan tingkat konsumsi manusia terhadap barang atau material. Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Kebersihan dan Pertamanan yang selanjutnya disebut Perda Kab. Mojokerto Pengelolaan Kebersihan dan Pertamanan yang terdapat pada Pasal 1 ayat (3) yang menyatakan bahwa, “sampah adalah sisa kegiatan sehari – hari manusia dan/atau proses alam yang terbentuk padat yang terdiri atas sampah rumah tangga maupun sampah – sampah sejenis rumah tangga”. Pernyataan pasal tersebut dapat disimpulkan bahwa sampah merupakan sekumpulan benda padat yang berasal dari limbah rumah tangga, dimana sampah tersebut semakin lama akan semakin banyak apabila sampah tersebut tidak dikelola dengan baik dan benar, oleh karena itu sampah menjadi permasalahan yang sangat penting bagi berlangsungnya kesehatan masyarakat pada setiap daerah khususnya di Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti ambil, maka penulis dapat menarik kesimpulan :1.Pelaksanaan Pasal 5 Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Kebersihan Dan Pertamanan Terhadap Pengelolaan Sampah yang berfokus pada pengolahan dan pemrosesan akhir sampah tersebut belum efektif karena Pengelolaan sampah di TPA Belahan Tengah Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto tidak dilakukan sesuai Pasal tersebut.

English Abstract

Waste comes from the disposable remnants of human activity, meaning that every activity produces rubbish. The volume of waste produced is more than the level of human consumption. The local government of Mojokerto certainly has the regulation to settle waste-related issues as stated in Article 5 of Local Government Regulation of Mojokerto Number 10 of 2010 concerning Cleaning and Gardening Services over waste management: waste management, as performed by the government, involves sorting out, collecting, transporting, managing, and final processing waste. However, there are still several impeding factors in terms of law enforcement, inefficient facility and infrastructure management, social and cultural factor of the locals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/15/051902705
Uncontrolled Keywords: effectiveness, implementation, waste management
Subjects: 300 Social sciences > 344 Labor, social service, education, cultural law > 344.04 Miscellaneous social problems and services > 344.046 Environmental protection
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Jun 2020 06:35
Last Modified: 21 Jun 2020 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169300
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item