Praktik Sosial Dalam Pelestarian Budaya Jawa Di Sekolah Budaya Tunggulwulung, Kota Malang (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Pembelajaran Budaya Di Sekolah Budaya Tunggulwulung, Kota Malang).

Djaya, Dwi Septina (2019) Praktik Sosial Dalam Pelestarian Budaya Jawa Di Sekolah Budaya Tunggulwulung, Kota Malang (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Pembelajaran Budaya Di Sekolah Budaya Tunggulwulung, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan praktik sosial yang terjadi dalam program kegiatan pembelajaran budaya yang terjadi di Sekolah Budaya Tunggulwulung, Kota Malang. Latar belakang penelitian ini dilakukan yaitu berdasarkan pada keberadaan program kegiatan yang dilakukan di Sekolah Budaya Tunggulwulung untuk menanamkan nilai keluhuran serta melestarikan budaya Jawa. Dalam mengatasi krisis budaya yang terjadi di Malang diperlukan wadah untuk melestarikan budaya Jawa. Melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Budaya Tunggulwulung dapat menyebarluaskan budaya Jawa di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Kelurahan Tunggulwulung, Kota Malang. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Teknik analisa yang digunakan dengan model Miles dan Haberman. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens untuk memahami praktik sosial dalam pembelajaran budaya yang terjadi dalam kegiatan di Sekolah Budaya Tunggulwulung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Praktik sosial yang dalam pelestarian budaya Jawa melalui Sekolah Budaya Tunggulwulung ini dibangun melalui bentuk institusi S D L. Munculnya wacana untuk berdirinya sekolah berlandaskan budaya Jawa. Pendiri dan pengurus sekolah sangat berperan dalam proses berjalannya Sekolah Budaya Tunggulwulung. Agen dalam melakukan tindakannya didasari oleh kesadaran diskursif, hal ini terlihat dari beberapa peserta sekolah mendirikan sanggar-sanggar budaya di lingkuangan tempat tinggal mereka.

English Abstract

This study explains the social practices that occur in cultural learning activities that occur in the Tunggulwulung Cultural School, Malang City. The background of this research is based on the existence of an activity program conducted at the Tunggulwulung Cultural School to instill noble values and preserve Javanese culture. In overcoming the cultural crisis that occurred in Malang, a place is needed to preserve Javanese culture. Through the activities carried out at the Tunggulwulung Cultural School, it can disseminate Javanese culture in the community. The research method used in this study is a type of qualitative research with a descriptive approach. The location of this study is in the Tunggulwulung Village, Malang City. The technique of determining informants uses purposive. The analysis technique used is with the models of Miles and Haberman. This study uses structuration theory Anthony Giddens to understand social practices in cultural learning that occur in activities at the Tunggulwulung Cultural School. The results of this study indicate that social practices in the preservation of Javanese culture through the Tunggulwulung Cultural School were built through the form of the SD L. institution. The emergence of discourse for the establishment of schools based on Javanese culture. The school's founders and administrators play a significant role in the process of running the Single-Roll Culture School. Agents in carrying out their actions are based on discursive awareness, this can be seen from several school participants establishing cultural centers in their neighborhoods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/91/051902463
Uncontrolled Keywords: Praktik Sosial, Pembelajaran, Budaya, Pendidikan Non Formal Social Practice, Learning, Culture, Non-Formal Education
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.4 Social change > 303.48 Causes of change > 303.482 Contact between cultures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jul 2020 13:28
Last Modified: 07 Jul 2020 13:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169177
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item