Muslim, Muadz Askarul (2019) Penerapan Procedural Content Generation Untuk Perancangan Level Pada 2d Endless Runner Game Menggunakan Genetic Algorithm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dengan berkembang pesatnya industri game, jumlah konten yang dibutuhkan dalam permainan terus meningkat. Peningkatan jumlah konten diperlukan untuk menjaga agar para pemain tetap tertarik, maka dari itu pekerjaan desain semakin dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan ini. Procedural Content Generation merupakan solusi dalam menghemat waktu dan uang dan telah berhasil diterapkan dalam beberapa Endless Runner Game. Di sini penulis menggunakan metode Genetic Algorithm untuk mengimplementasikan Procedural Content Generation pada 2D Endless Runner Game. Genetic Algorithm penulis pilih dikarenakan algoritma dapat melakukan optimisasi yang cocok untuk banyak kasus dari sebuah lingkungan. Selain optimisasi, Genetic Algorithm berbentuk modular, sehingga terpisah dari aplikasi dan dapat diaplikasikan ke kasus lainnya tanpa perubahan yang berarti didalamnya. Pembuatan level dapat dilakukan dengan dilakukan dengan menggunakan teknik random. Namun hasil level yang didapatkan dengan random dapat memiliki masalah seperti tidak tepatnya hasil yang diinginkan karena tidak ada kriteria sebagai pengukur kepantasan dari hasil yang dibuat dengan random seperti dapat dilewatinya level yang telah dibuat. Sedangkan dalam Genetic Algorithm ada sebuah bagian yang dapat menyeleksi setiap individu dan populasi agar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Hasil dari pengujian menunjukkan waktu yang dibutuhkan program dalam membuat sebuah level sangatlah singkat, yaitu 0.02 detik. Dari hasil tersebut menujukkan bahwa algoritma dapat diterapkan dan bekerja dengan baik dalam waktu pembuatan level. Level yang dihasilkan juga dapat dilewati oleh pemain dengan baik berdasarkan hasil pengujian oleh sampel pemain. Namun kesulitan dari level yang dihasilkan tidak dapat dikendalikan menggunakan Genetic Algorithm yang digunakan.
English Abstract
With the rapid development of the gaming industry, the amount of content needed in the game continues to increase. Increasing the amount of content is needed to keep players interested, so design work is increasingly needed to meet these requirements. Procedural Content Generation is a solution to save time and money and has been successfully implemented in several Endless Runner Games. Here the author uses the Genetic Algorithm method to implement the Procedural Content Generation on 2D Endless Runner Game. The author's Geographical Algorithm chooses because the Algorithm can optimize which is suitable for many cases of an environment. In addition to optimization, the Genetic Algorithm is modular, so it is separate from the application and can be applied to other cases without significant changes in it. Making levels can be done by using a random technique. But the results of the randomly obtained level can have problems such as the inappropriate results desired because there are no criteria as a measure of appropriateness from the results that are made randomly as can be passed the level that has been made. Whereas in Genetic Algorithm there is a section that can select each individual and population to fit the specified criteria. The results of the tests show the time needed for the program to make a level very short, which is 0.02 seconds. From these results show that the algorithm can be applied and works well in the creation of levels. The resulting level can also be skipped by players based on the results of testing by a sample of players. But the difficulty of the level produced cannot be controlled using the Genetic Algorithm used.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/179/051902349 |
Uncontrolled Keywords: | 2D Platform, Endless Runner Game, Procedural Content Generation, Genetic Algorithm, 2D Platform, Endless Runner Game, Procedural Content Generation, Genetic Algorithm |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:22 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 04:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169117 |
Preview |
Text
Muadz Askarul Muslim (2).pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |