Performativitas Gender Tomboy: Studi Fenomenologi Pada Mahasiswi Tomboy Di Universitas Brawijaya

Cantika, Nesya Wita (2018) Performativitas Gender Tomboy: Studi Fenomenologi Pada Mahasiswi Tomboy Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai variasi gender yang ada pada tubuh perempuan yang sering kali gagal dipahami masyarakat sebagai sebuah identitas gender. Tomboymenjadi salah satu ekspresi gender yang menampilkan maskulinitas perempuan pada masa kanak-kanak yang dapat dibedakan dari perempuan yang tidak tomboy, dari pemilihan teman bermain, keikutsertaan dalam olahraga, pemilihan mainan, dan sebagainya. Pada konteks ini, terdapat fenomena mahasiswi yang tidak berhenti menjadi tomboy walaupun sudah melewati masa kanak-kanak. Dengan kata lain, mereka tetap mempertahankan ekspresi tomboy bahkan hingga menjadi identitas gender bagi dirinya. Hal tersebut, menggiring penelitian ini untuk melihat performativitas gender yang dilakukan oleh mahasiwi tomboy dalam membentuk identitas gendernya. Untuk mengkaji performativitas gender yang ditunjukan oleh mahasiswi tomboy, peneliti menggunakan konsep Performativitas Gender yang digagas oleh Judith Butler. Identitas dilihat sebagai sebuah produk atas serangkaian tidakan yang dilakukan secara berulang dalam kehidupan sehari-hari. Gender dilihat sebagai sebuah konstruksi sosial sehingga tidak ada gender yang solid yang bisa dilekatkan pada seseorang oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tomboy menjadi identitas sebab adanya serangkaian tindakan yang dilakukan secara berulang dan sesuai dengan keinginan mereka. Tomboy dinilai sebagai ekspresi yang mampu mewadahi pilihan-pilihan antara feminitas dan maskulinitas dan dinikmasti sebagai bentuk kebebasan serta mobilitas yang lebih besar seperti yang biasa dinikmati oleh laki-laki. Identitas tomboy dimaknai sebagai bentuk penolakan terhadap feminitas atau menyukai hal-hal seperti yang dilakukan laki-laki.

English Abstract

This study discusses gender variations that exist in women's bodies which often fail to be understood by society as a gender identity. Tomboy is one of the gender expressions that showcases female masculinity in childhood which can be distinguished from non-tomboy women, from the choice of playmates, participation in sports, selection of toys, and so on. In this context, there is a phenomenon of female students who do not stop being tomboy even though they have passed childhood. In other words, they still maintain tomboy expression and even become a gender identity for themselves. This, led this research to look at gender performativity carried out by tomboy students in shaping their gender identity. To examine gender performativity shown by tomboy students, researchers used the concept of Gender Performativity initiated by Judith Butler. Identity is seen as a product of a series of actions carried out repeatedly in everyday life. Gender is seen as a social construction so that there is no solid gender that can be attached to someone by society. The research method used in this study is a qualitative research method with a phenomenological approach. The results of the study show that tomboy becomes an identity because there are a series of actions carried out repeatedly and according to their wishes. Tomboy is considered as an expression that is able to accommodate choices between femininity and masculinity and dynamics as a form of freedom and greater mobility as commonly enjoyed by men. Tomboy identity is interpreted as a form of rejection of femininity or liking things like men do.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/50/051902422
Uncontrolled Keywords: Tomboy, Pembentukan Identitas, Performativitas Gender. Tomboy, Identity Formation, Gender Performativity.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.3 People by gender or sex
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Jul 2020 11:46
Last Modified: 05 Jul 2020 11:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169049
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item