Suryani, Guidita (2019) Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dengan adanya smartphone memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi baik verbal maupun non-verbal, dengan sangat mudah dan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Namun, bagi penyandang tuna netra yang memiliki keterbatasan dalam konteks visual merasa sulit untuk mengoperasikan smartphone yang kebanyakan menggunakan teknologi layar sentuh dengan layar datar. Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh penyandang tunanetra dalam berkomunikasi dengan menggunakan smartphone, maka melalui penelitian ini dilakukan sebuah pengembangan aplikasi komunikasi verbal dalam bentuk panggilan telepon/voice call yang juga mampu menangani manajemen kontak telepon seperti menambah, mengubah data kontak, dan menghapus kontak. Aplikasi ini juga dirancang secara khusus dengan menggunakan voice interaction yang memanfaatkan Google API, sehingga pengguna dapat melakukan kontrol terhadap aplikasi dengan hanya menggunakan suara dan umpan balik yang diterima juga dalam bentuk suara. Dalam perancangan aplikasi ini juga menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), yang melibatkan calon pengguna dalam setiap proses perancangan sehingga hasil akhir dari aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memperoleh rata-rata nilai sebesar 86 yang menunjukkan kualitas aplikasi sudah berada pada rating “excelent” dan sudah dirasa mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu kualitas dari layanan voice interaction yang disediakan pada aplikasi juga sudah teruji memiliki kualitas yang baik (Good), yang ditunjukkan berdasarkan nilai ratarata 4,2 yang diperoleh dari pengujian Mean Opinion Score (MOS) testing.
English Abstract
With the existence of a smartphone allows everyone to communicate both verbal and non-verbal easier and can be done anytime and anywhere. However, people with visual impairments who have problems in a visual context feels difficult to operate a smartphone with a touch and flat screen. To overcome the problems experienced by visual impairments people in communicating using a smartphone, this research carried out a development of verbal communication applications for a voice calls that are also able to handle telephone contact management such as adding, changing contact data, and deleting a contact. This application is also designed specifically by using voice interaction that utilizes the Google API and allowing users to control the application by using voice and the feedback is also by voice. This application is design by using Human Centered Design (HCD) approach, which always involved the user in the development process. Based on usability testing using System Usability Scale (SUS), obtaining an average value of 86 which indicates the quality of the application is already at an "excellent" rating and is already considered easy to use by users. The quality of the voice interaction service provided in the application has also been tested to have good quality, which is shown based on the average value of 4.2 obtained from the Mean Opinion Score (MOS) testing.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/162/051902332 |
Uncontrolled Keywords: | tuna netra, voice call, voice interaction, assistive technology, Human Centered Design (HCD), System Usability Scale (SUS), Mean Opinion Score (MOS) testing, visually impaired, voice call, voice interaction, assistive technology, Human Centered Design (HCD), System Usability Scale (SUS), Mean Opinion Score (MOS) testing |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:24 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 04:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169042 |
Preview |
Text
Guidita Suryani (2).pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |