Pengembangan Aplikasi Investasi Syariah Pada Pt Maslahat Amanah Umat Berbasis Android

Emanda, Jeva Prahayusma Putra (2019) Pengembangan Aplikasi Investasi Syariah Pada Pt Maslahat Amanah Umat Berbasis Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan fintech saat ini begitu cepat dan memudahkan manusia. Dimana pertumbuhannya di Indonesiapun cukup banyak untuk penyedia jasa layanan fintech. Oleh karena itu PT Maslahat Amanah Umat sebagai perusahaan yang berbasis syariah mengembangkan sebuah web site untuk mempermudah jalannya sebuah investasi. Akan tetapi kurangnya cakupan pengguna dan tidak semua orang suka membuka sebuah alamat web site melalu telfon genggamnya. Karena pasar usaha yang ditawarkan merupakan golongan menengah kebawah. Sehingga dikembangkannya aplikasi investasi syariah berbasis Android Maslahat Kita yang akan menjadi pilihan lain untuk melakukan kegiatan finance pada pengguna telfon genggam dengan sistem operasi Android. Aplikasi Maslahat Kita pada sistem operasi android ini dibangun dengan tujuan mempermudah pengguna untuk melakukan transaksi atau akad yang akan dilakukan ketika ingin mengajukan usahanya atau mengajukan investasinya pada usaha yang di inginkan. Pada aplikasi ini juga dilakukan secara real time menggunakan firebase. Sehingga komunikasi antar pengguna dengan hak akses tertentu bisa menggunakan perangkat lain untuk memakasi aplikasi ini. Serta penggunaan grafik untuk mempermudah monitoring usaha yang dilakukan mitra pada aplikasi ini. Untuk itu aplikasi Maslahat Kita menggunakan beberapa pengujian diantaranya pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi dan pengujian compatibility. Dimana pengujian unit dan pengujian integrase menunjukan valid untuk setiap program yang di jalankan. Sedangkan untuk pengujian validasi memaparkan hasil yang valid pada fungsionalitas yang telah dibuat. Dan juga pada pengujian compatibility untuk setiap versi yang telah diuji. Menghasilkan hasil yang valid karena tidak adanya perubahan secara tampilan aplikasi atau kendala error pada setiap fungsioanalitasnya ketika diuji dengan versi Android yang berbeda.

English Abstract

Day by day, the development of fintech is getting faster and make human's life easier. Even in Indonesia, fintech provider has massively proliferated. Under that reason, PT. Maslahat Ummah whose company working under the basis of sharia developed a website to make investation easier. But then, the lack of coverage for the user, and how people less prefer accessing website from their mobile phone. Because of business market that offered were mid to low class businesses. Therefore, developed an android based sharia investation application named Maslahat Kita to act as an alternative to do some finances activity through their android based mobile phone. The android based Maslahat Kita apps was created with a goal to make user feel a lot easier when it comes to transactions or contractual agreements in their businesses or investations they desire. This application also integrated real time with firebase. Therefore communication between users with specific access right is possible to be done with various devices under this application. And then, the usage of charts going to make monitoring easier for our partners. So that is why The Maslahat Kita application has gone through several testing process such as compatibility testing, integrity testing, validity testing and unit testing. Where unit testing and integrity testing used as valid indicator for the program as a whole. But in validity testing, to measure whether agreed functionality is working or not. Last but not least compatibility testing to test every versions created. We are proud to declare that the testing result should be categorized as valid, because there's no significant changes to the system's design and there is no errors at every functionality agreed, when it is being tested on different Android version.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/184/051902354
Uncontrolled Keywords: fintech, Android, firebase, finance, real time, fintech, Android, firebase, finance, real time.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.36 Programs for personal computers > 005.362 Programs in specific programming languages > 005.365 Programs for specific computers
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jul 2020 10:23
Last Modified: 24 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169021
[thumbnail of Jeva Prahayusma Putra Emanda (2).pdf]
Preview
Text
Jeva Prahayusma Putra Emanda (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item