Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

Mursyidah, Annisa (2019) Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah instansi kerja dituntut memiliki prosedur operasi standar dalam menjalankan kegiatan operasional. Prosedur operasi standar penting untuk diterapkan di instansi kerja secara efektif dan efisien agar instansi tersebut memiliki acuan untuk mengukur dan meningkatkan kinerja serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya merupakan salah satu instansi pendidikan yang menerapkan prosedur operasi standar dalam kegiatan operasional. Prosedur operasi standar tidak hanya berlaku untuk internal pegawai saja, namun juga untuk mahasiswa. Salah satu media yang saat ini digunakan untuk menyampaikan informasi tersebut kepada mahasiswa adalah melalui situs web resmi FILKOM. Namun, didapati bahwa ternyata terdapat beberapa masalah ketika mahasiswa mengakses informasi tersebut, yaitu mengenai informasi pada media saat ini dirasa masih belum dikelompokkan sesuai dengan kelompok informasi yang seharusnya dan penyaluran informasi dirasa masih belum bisa diakses secara cepat, lengkap, tepat dan akurat. Fokus yang dilakukan pada penelitian ini yaitu mengembangkan ide solusi yang dapat mendukung untuk menyelesaikan masalah yang dirasakan oleh pengguna ketika mengakses informasi prosedur pelayanan umum dengan menggunakan metode Design Thinking yang melibatkan pengguna secara aktif dalam setiap tahapan pengembangannya. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu (1) mengumpulkan data mengenai pengguna (empathize), (2) menganalisis data temuan dari pengguna (define), (3) mengembangkan ide solusi terhadap permasalahan pengguna (ideate), (4) mengimplementasikan ide solusi ke dalam bentuk rancangan antarmuka pengguna (prototype), dan (5) melakukan pengujian terhadap ide solusi dan rancangan antarmuka pengguna (test). Hasil akhir dari proses pengujian antarmuka pengguna menunjukkan bahwa rancangan antarmuka pengguna sudah sesuai dengan keinginan pengguna dan ide solusi yang dikembangkan sudah bisa mendukung penyelesaian masalah yang dialami oleh pengguna.

English Abstract

A working institution is required to have standard operating procedures in carrying out operational activities. Enabling the standard operating procedures in work institution effectively and efficiently was so important. It makes the institutions has a reference to measure and improve performance and improve the quality of public services. Faculty of Computer Science (FILKOM) University of Brawijaya is one of the educational institutions that enabling the standard operating procedures for the operational activities. Standard operating procedures not only occur for the employees, but also for students too. One of the information platforms used to convey this information to students is through FILKOM's official website. It is expected that with this information platforms can facilitate students to get the information needed related to public service procedures. However, it was found that there were some problems when students wanted to access the information. The problems are about the information on current media still does not well categorized yet according to the group of information that is supposed to be and the distribution of information is still not accessible quickly, completely, precisely and accurately. The focus of this research is to develop an idea of a solution that can solve the problems felt by users when accessing public service procedure information by using the Design Thinking method in which this method actively involves the user on every stage of its development. The stages carried out in this study are (1) collecting data about users (empathize), (2) analyzing findings data from users (define), (3) developing solution ideas for user problems (ideate), (4) implementing solution ideas to in the form of a user interface design (prototype), and (5) testing the solution idea and user interface design (test). The final result of the user interface testing process shows that the user interface design is in accordance with the wishes from the user and the idea solution that has been developed has able to support the resolution of problems experienced by the user.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/199/051902369
Uncontrolled Keywords: prosedur pelayanan, Design Thinking, empathize, brainstorming, prototyp, public service procedure, Design Thinking, empathize, brainstorming, prototype
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:45
Last Modified: 24 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169007
[thumbnail of Annisa Mursyidah (2).pdf]
Preview
Text
Annisa Mursyidah (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item