Pramesti, Regita Cahyani (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Iklan Media Sosial Youtube Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Iklan Ramayana Department Store. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ramayana Department Store merupakan anak dari PT Ramayana Lestari Sentosa yang bergerak dibidang fashion. Media sosial yang digunakan dalam pemasaran Ramayana Department Store adalah salah satunya Youtube. Beberapa iklan dari Ramayana Department Store mendapatkan Youtube Ads Leaderboard Award pada tahun 2017. Youtube adalah salah satu media sosial tempat untuk melakukan sebuah promosi dari perusahaan. Pada penelitian ini Ramayana Department Store menggunakan media sosial Youtube sebagai alat melakukan pemasaran produk mereka melalui iklan-iklan yang menarik perhatian dari pengguna Youtube. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui pengaruh dari pemasaran melalui media sosial terhadap loyalitas konsumen. Sebelum dilakukan penyebaran data kuesioner, dilakukan terlebih dahulu pilot study terhadap 30 responden untuk dapat mengetahui kualitas dari pernyataan kuesioner sebelum disebarkan kepada responden asli. Dari 44 pernyataan terdapat 3 pernyataan yang tidak valid, dengan demikian pernyataan yang akan diberikan kepada responden asli berjumlah 41 pernyataan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling terhadap 120 responden yang memenuhi kriteria dimana responden dari penelitian ini adalah pengguna Youtube yang pernah melihat atau menonton iklan dari Ramayana Department Store dan pernah melakukan transaksi pembelian minimal satu kali di outlet Ramayana Department Store seluruh Indonesia. Setelah mendapatkan data kemudian dilakukan analisis menggunakan regresi linear berganda terhadap lima variabel bebas dan satu variabel terikat. Analisis pada penelitian dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS. Hasil menunjukkan bahwa variabel advantageous campaign memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel loyalitas konsumen dengan nilai T dan signifikan sebesar 2,121 dan 0,036. Pada variabel relevant content terdapat hasil yang positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen dengan nilai T sebesar 2,075 dan Sig. 0,040. Kemudian pada variabel popular content memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel terikat yaitu loyalitas konsumen dengan nilai T yaitu 2,099 dan Sig. sebesar 0,038. Variabel frequently update content menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen dengan nilai T dan Sig. sebesar 2,587 dan 0,011. Sementara pada variabel various platform and offers application tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen karena memiliki nilai T yaitu 1,505 dan Sig. sebesar 0,135.
English Abstract
Ramayana Department Store is one of a sub company from PT Ramayana Lestari Sentosa that deals with fashion. One of a social media used for marketing purpose of Rmayana Department Store is Youtube. Some of the advertisements won Youtube Ads Leaderboard Award in 2017. Youtube is one of a social media platform to conduct promotions. In this research, Ramayana Department Store uses Youtube as a marketing tool through their interesting adveritsements that caught a lot of Youtube users’ attention. The objective of this research is to discover the impact of social media promotions against the loyalty of consumers. Pilot study is conducted against 30 respondents before the questionnaires are given in order to acknowledge to quality of the questionnaire statements before they are given to the actual respondents. From 44 statements, there are 3 invalid statements, therefore there will be only 41 statements that will given to the actual respondents. Data collection is conducted using purposive sampling method against 120 respondents that meets the criteria, in which the respondents of this research are Youtube users that have seen or watched Ramayana Department Store advertisements or have done a purchasing transaction at least once in all of Ramayana Department Store’s outlets all over Indonesia. After the data is acquired, there will be further analysis using multiple linear regression against five free variables and one bound variable. The analysis for this research will be done by using a SPSS statistic software. The result shows that the variable of advantageous campaign has positive impact against the variable of consument loyalty with T value and significant of 2.121 and 0.036. In variable of relevant content, there is a positive and significant result against the variable of consument loyalty with T value of 2.075 and Sig. 0.040. On the other hand, in variable of popular content that has positive impact against bound variable, that is consument loyalty with T value of 2.099 and Sig. of 0.038. Variable of frequently update content shows a significant impact against dependent variable, that is consument loyalty with T and Sig. value of 2.587 and 0.011. However, the variable of various platform and offers application does not have any significant impact against variable dependent, that is consument loyalty because it consists of T value of 1.505 and Sig. of 0.135.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/138/051902308 |
Uncontrolled Keywords: | advantageous campaign, popular content, relevat content , frequently update content, various platform and offers application, loyalitas konsumen, advantageous campaign, popular content, relevat content , frequently update content, various platform and offers application, consumer loyalty |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 06:56 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 04:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168975 |
Preview |
Text
Regita Cahyani Pramesti (2).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |