Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi

Pratama, Muh. Ananta (2019) Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam hidup manusia. Berolahraga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita agar bisa selalu dalam keadaan siap untuk menjalani keseharian kita. Akan tetapi, di era modern saat ini, banyak masyarakat yang sering lalai dalam menjaga rutinitas berolahraga ini dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang seringkali kita temui untuk tidak berolahraga adalah tidak adanya teman untuk berolahraga sehingga dapat mengurangi motivasi kita untuk berolahraga. Dengan memanfaatkan teknologi smartphone yang sudah dimiliki oleh sebagian besar masyarakat, penelitian ini menawarkan sebuah solusi berupa aplikasi yang bernama “Sportyway” yang merupakan aplikasi pencari teman untuk berolahraga yang berbasis lokasi. Selain dapat meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam olahraga, aplikasi ini juga dapat menambah teman baru serta dapat membantu masyarakat agar bisa berolahraga secara rutin. Dalam pengembangannya, penelitian ini menggunakan metode Scrum sebagai software development lifecycle yang digunakan. Terdapat empat proses dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem. Proses analisis kebutuhan menghasilkan sepuluh kebutuhan fungsional dan dua kebutuhan non fungsional. Kebutuhan yang telah diperoleh kemudian dijadikan acuan untuk membuat rancangan class diagram, activity diagram, rancangan basis data, dan rancangan algoritme. Rancangan yang telah dibuat diimplementasikan ke dalam kode program menggunakan framework React Native dengan bahasa pemrograman Typescript. Setelah implementasi selesai dilakukan maka kemudian dilanjutkan dengan pengujian sistem yang mencakup pengujian validasi untuk memastikan semua fitur dapat berjalan dengan benar serta pengujian usabilitas untuk mengukur tingkat kepuasan dan kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan. Setelah dilakukan pengujian validasi dan usabilitas, didapatkan hasil yaitu semua fitur telah dinyatakan valid dan bekerja sesuai kebutuhan dan berdasarkan analisis kuisioner yang diberikan kepada responden, didapatkan nilai persepsi pengguna sebesar 4,0375 yang berarti memuaskan.

English Abstract

Sports is one of the most important activities in human life. Sports can help maintain our health and fitness so that we can always be ready to do our everyday things. Unfortunately, in this modern era, many people fail to keep their sports routines with various reasons. One of the reasons is the lack of friend to do sports with which lowers our motivation to do sport. By using smartphone technology, this research offers a solution with an application named “Sportyway” which is a location-based friend finder application for sports activities. Besides increasing sport participation level in Indonesia’s citizen, this application can help find new friends and help people to do sports regularly. In the development, this research uses Scrum method as its software development lifecycle. There are four processes in this research which is requirements analysis, design, implmentation, and system testing. Requirements analysis produces ten functional requirements and two non-functional requirements. Obtained requirements then used as a guide to design the class diagram, activity diagram, database design, and algorithm design. From the design, program code implemented in Typescript programming language and using React Native framework. After implemented, system testing is then conducted using validation testing to make sure all features work well and usability testing to measure user satsifaction and ease in using developed application. After validation and usability testing is done, results obtained shows that all features are valid and works according to the requirements and according to questionnaire analysis, the user perception value is 4,0375 which means the respondent is satisfied to the application developed

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2018/152/05192322
Uncontrolled Keywords: olahraga, scrum, react native, typescript, validasi, usabilitas, sport, scrum, react native, typescript, validation, usability
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.36 Programs for personal computers
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Jul 2020 08:02
Last Modified: 24 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168959
[thumbnail of Muh. Ananta Pratama (2).pdf]
Preview
Text
Muh. Ananta Pratama (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item