Pengembangan Perangkat Lunak Playon Sebagai Platform Untuk Sewa Dan Menyewa Tempat Olahraga Berbasis Web

Zein, A. Muammar (2019) Pengembangan Perangkat Lunak Playon Sebagai Platform Untuk Sewa Dan Menyewa Tempat Olahraga Berbasis Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di zaman modern ini, teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga berpengaruh terhadap kekuatan pada sektor bisnis, tidak terkecuali bisnis penyewaan tempat olahraga. Kini, untuk menerapkan teknologi informasi yang memadai, tempat olahraga kecil maupun besar tidak perlu khawatir untuk mengalokasikan dana yang banyak. Dengan tujuan menghasilkan keuntungan serta dapat bersaing dalam pasar yang lebih luas. Salah satunya adalah menggunakan teknologi informasi berbasis online yang disebut sebagai ecommerce. Perkembangan e-commerce ini juga dibarengi dengan berkembangnya payment gateway. Perpaduan antara e-commerce dan payment gateway diharapkan dapat menjadi solusi dalam permasalahan yang ada bisnis penyewaan tempat olahraga yang saat ini terjadi. Permasalahan pertama yang terjadi yaitu adanya pemesan yang merasa kesulitan mencari tempat olahraga disekitarnya yang sesuai dengan keinginannya. Permasalahn kedua yaitu dalam pencatatan transaksi pemesanan tempat olahraga masih dilakukan secara manual sehingga pemilik tempat olahraga seringkali kesulitan dalam memanajemen transaksi yang ada pada tempat olahraganya. Kemudian masalah ketiga yaitu pemilik tempat olahraga merasa kesulitan melakukan manajemen penjadwalan dan penentuan harga di tiap tempat olahraganya karena menggunakan sistem penjadwalan per jam. Karena permasalah di atas, maka dikembangkanlah perangkat lunak PlayOn. Dengan proses bisnis sewa-menyewa antara pemilik tempat olahraga ke pelanggan (B2C) maupun pelanggan ke pelanggan (C2C). Pada sistem telah diuji dengan melakukan pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi yang menghasilkan nilai uji 100% valid, serta melakukan pengujian usability untuk memastikan bahwa perangkat lunak dapat diterima oleh pengguna. Pada pengujian kompatibilitas di dapatkan hasil bahwa perangkat lunak dapat dijalankan ada semua jenis browser dan perangkat android maupun ios

English Abstract

In this modern era, information technology has developed very rapidly. So that it affects the strength of the business sector, including the sports rental business. Now, to implement adequate information technology, small and large sports venues do not need to worry about allocating large amounts of funds. With the aim of making a profit and being able to compete in a wider market. One of them is using online-based information technology called e-commerce. The development of e-commerce is also accompanied by the development of payment gateways. The combination of e-commerce and payment gateways is expected to be a solution to the problems that exist in the sports rental business that is currently happening. The first problem that occurs is that there is a buyer who finds it difficult to find a sporting place around him in accordance with his wishes. The second problem is the recording of sports booking transactions that are still done manually so that the owner of a sports venue often has difficulty managing the transactions that are in the place of his sport. Then the third problem is that sports owners find it difficult to manage scheduling and pricing in each sport venue because it uses an hourly scheduling system. Because the problem above, PlayOn software was developed. With the leasing business process between the owner of the gym to the customer (B2C) and the customer to the customer (C2C). The system has been tested by unit testing, integration testing, and validation testing that produces a 100% valid test value, and conducts usability testing to ensure that the software can be accepted by the user. In compatibility testing, the results that the software can run are all types of browsers and Android and iOS devices.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/190/051902360
Uncontrolled Keywords: Rekayasa perangkat lunak, Payment gateway, booking tempat olahraga, Software engineering, Payment gateway, booking sport venue
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jun 2020 06:27
Last Modified: 24 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168924
[thumbnail of A. Muammar Zein (2).pdf]
Preview
Text
A. Muammar Zein (2).pdf

Download (14MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item