Saraswati, Tirta (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA), Dan Teknik ESIA (Studi Kasus: Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang merupakan salah satu rumah sakit swasta yang menerima layanan BPJS rawat inap dan rawat jalan. Proses bisnis pelayanan pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Islam Aisyiyah merupakan pelayanan pasien BPJS dengan memberikan pemeriksaan dan obat pada saat itu juga tanpa perlu penanganan pada kamar inap. Pelayanan tersebut dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui UGD jika kondisi pasien gawat darurat dan melalui Polispesialis jika pasien merupakan pasien rujukan dari klinik atau puskesmas. Pada pelaksanaan proses bisnis pelayanan pasien BPJS rawat jalan Rumah Sakit Islam Aisyiyah masih terdapat permasalahan, diantaranya adalah tidak terdeteksinya nomor rujukan, tujuan poli, dan tujuan rumah sakit pasien pada surat rujukan pasien diaplikasi BPJS dan tertukarnya berkas pasien BPJS saat proses pendaftaran pasien. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan evaluasi proses bisnis dengan Quality Evaluation Framework (QEF) untuk mengetahui quality factor dan kesesuaian pencapaian target perusahaan sesuai dengan proses bisnis yang telah dimodelkan menggunakan Business Process Modelling and Notation (BPMN). Dengan hasil evaluasi 7 dari 30 quality factor masih tidak sesuai. Langkah selanjutnya adalah mencari akar permasalahan menggunakan Fishbone Analysis dengan hasil akar permasalahan terdapat pada kelompok manusia, lingkungan, dan teknologi. Langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan proses bisnis menggunakan Teknik ESIA (Eliminate, Simplify, Integrate, dan Automation) seperti menyederhanakan aktivitas menyerahkan berkas persyaratan dan nomor antrian ke loket pendaftaran pada proses bisnis pelayanan pasien BPJS rawat jalan Polispesialis untuk menghindari berkas pasien yang tertukar. Kemudian dari hasil simulasi proses bisnis pada pelayanan pasien BPJS rawat jalan Polispesialis mengalami peningkatan sebesar 16.69% dan pada UGD Rumah Sakit Islam Aisyiyah mengalami peningkatan sebesar 4.01%.
English Abstract
Islam Aisyiyah Hospital Malang is the one of private hospitals that acccepted inpatient and outpatient BPJS services. The business process of outpatient BPJS patient services Islam Aisyiyah Hospital is a service for BPJS patients by providing examinations and medication in one day without hospitalization. The BPJS outpatient services can be done in two ways, through the UGD if the patient condition emergency and through the Polispesialis if the patient is referral from a clinic or health centre. During the implementation of the BPJS outpatient services there were still problems about the detection of the referral number, the poly destination, and the patient's hospital destination in the referral letter at BPJS application and the patient's file was exchanged during the registration process. Based on these problems, it is necessary to evaluate business processes using Quality Evaluation Framework (QEF) to determine the quality factor and the suitability of achieving the company's by the business processes that have been modeled using Business Process Modeling and Notation (BPMN). And then the result of the evaluation 7 of 30 quality factors are not suitable. The next step is to find the root problems with Fishbone Analysis, and the results of the problems found in human, environmental, and technological groups. After that, the next step is to improve business processes using ESIA techniques (Eliminate, Simplify, Integrate, and Automation) such as simplifying the activity of submitting the patient’s files and queue numbers to the registration counter in the business process of BPJS outpatient services at Polispesialis to avoid patient’s file exchanged. And then, the results of business process simulation the outpatient services of BPJS at Polispesialis increased by 16.69% and at the UGD the Islam Aisyiyah Hospital increased by 4.01%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/205/051902682 |
Uncontrolled Keywords: | Proses bisnis, BPJS, Business Process Model and Notation (BPMN), Quality Evaluation Framework (QEF), Fishbone analysis, Teknik ESIA-Business Process, BPJS, Business Process Model and Notation (BPMN), Quality Evaluation Framework (QEF), Fishbone analysis, ESIA techniques |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 03:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 08:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168907 |
Preview |
Text
Tirta Saraswati.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |