Ramadhan, Lazuardi Dio (2019) Sistem Pengembangan Workflow Manajemen Kerja (Studi Kasus: PT. Chevron Pacific Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi informasi merupakan hal diperlukan untuk mendapatkan keunggulan serta lebih maju dan berkembang pada suatu perusahaan. Keunggulan teknologi informasi yaitu dapat membantu manajemen di suatu perusahaan karena menghasilkan informasi dengan cepat dan bermanfaat. Pada suatu perusahaan seperti PT Chevon Pacific Indonesia keberhasilan ditentukan salah satunya dengan kinerja manajemen pekerjaan yang baik. Manajemen pekerjaan pasti terkait dengan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu tertentu yang akan menentukan kinerja dari perusahaan tersebut. Perusahaan PT Chevron Pacific Indonesia mempunyai banyak teknologi informasi pada bidang manajemen kerja, namun saat ini dalam manajemen kerja untuk membuat suatu proses pekerjaan harus membuat proses bisnis terlebih dahulu, kemudian setelelah selesai dengan sistem yang berbeda baru dapat melakukan penugasan terhadap karyawannya. Hal tersebut menyebabkan masalah yaitu sulitnya melakukan penugasan secara langsung terhadap karyawan dan pelacakan proses pekerjaan. Saat ini dalam melakukan hal tersebut harus membandingkan ke dua sistem yang berbeda. PT Chevron Pacific Indonesia membutuhkan sistem untuk membantu pembuatan proses bisnis dan penugasan karyawan sekaligus dan dapat melacak suatu kendala pada proses bisnis tersebut termasuk karyawan yang bertanggung jawab pada proses tersebut. Dalam membuat sistem tersebut menggunakan pendekatan workflow yang merupakan alur proses kerja dan dapat dilakukan pelacakan yang di dalamnya dapat memberikan tugas ke partisipan atau karyawan tertentu. Dalam merepresentasikan workflow dilakukan pendekatan Business Process Model Notation (BPMN) yang merupakan suatu standar untuk memodelkan proses bisnis. Pada akhirnya sistem dapat melakukan pembuatan proses bisnis, penugasan karyawan, dan melakukan pelacakan tugas. Sistem ini dibangun pada platform web dan telah diuji dengan pengujian whitebox dan blackbox. Selanjutnya juga telah dilakukan pengujian usability dengan metode System Usability Scale dan sistem memasuki kategori acceptable yaitu sistem sudah dibuat sesuai keinginan pengguna.
English Abstract
Information technology is a necessary thing to get superiority and more advanced and developing in a company. The superiority of information technology is that it can help management in a company because it produces information quickly and is useful. In a company like PT Chevon Pacific Indonesia success is determined by one of them with good job management performance. Job management is definitely related to work that has a certain deadline that will determine the performance of the company. The company PT Chevron Pacific Indonesia has a lot of information technology in the field of work management, but now in work management to make a work process must make the business process first, then after finishing with a different system can only be assigned to its employees. This causes problems, namely the difficulty of directly assigning employees and tracking work processes. At this time in doing so, it must compare it to two different systems. PT Chevron Pacific Indonesia needs a system to help create business processes and assign employees at the same time and can track a problem in the business process including employees who are responsible for the process. In making the system use a workflow approach which is a workflow process and tracking can be done in which assignments to certain participants or employees. In representing workflows, a Business Process Model Notation (BPMN) approach is carried out which is a standard for modeling business processes. In the end the system can make business processes, assign employees, and carry out tracking tasks. This system is built on the web platform and has been tested with whitebox and blackbox testing. Furthermore, usability testing has been carried out using the System Usability Scale method and the system enters the acceptable category, namely the system has been made according to the user's wishes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/110/051902280 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kerja, Proses Bisnis, Penugasan Kerja, Workflow, Business Process Model Notation-Work Management, Business Process, Job Assignment, Workflow, Business Process Model Notation |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 06:31 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 09:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168894 |
Preview |
Text
Lazuardi Dio Ramadhan.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |