Pengembangan Sistem Informasi Layanan Surat Pemerintah Pada Desa Sumput Menggunakan Waterfall Model

Warsiono, Siti Saudah (2019) Pengembangan Sistem Informasi Layanan Surat Pemerintah Pada Desa Sumput Menggunakan Waterfall Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik adalah aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelayanan setiap warga negara atas barang, jasa, dan / atau pelayanan administratif oleh penyelenggara yang disediakan oleh pelayanan publik. Seringnya terjadi permintaan pelayanan publik di Desa Sumput yang terletak di Kota Sidoarjo disebabkan karena jumlah penduduk yang cukup banyak. Banyak warga desa merasa kesulitan mengurus dokumen-dokumen penting tersebut karena layanan umum permohonan surat pemerintah pada Desa Sumput masih dilakukan secara manual sehingga menghambat kepentingan banyak orang. Dampak negatif dari pelayanan yang masih manual tersebut, yaitu: pelayanan tidak tertata, membutuhkan waktu lama, memungkinkan terjadinya kesalahan dalam penulisan data, dan data tidak terdokumentasi dengan baik karena data hilang / rusak. Teknologi Informasi dibutuhkan untuk mengatasi masalah pelayanan umum permohonan surat yang masih manual sehingga dapat meningkatkan kinerja pelayanan agar lebih mudah dan performa layanan menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall Model, yang merupakan pendekatan sistematis untuk pengembangan perangkat lunak. Waterfall Model digunakan karena sesuai dengan proses bisnis layanan permohonan surat pemerintah secara manual yang telah ditetapkan pihak instansi balai desa. Pengujian fungsional dan nonfungsional dilakukan setelah pengembangan sistem selesai dilakukan. Pengujian fungsional pada sistem informasi layanan surat pemerintah menghasilkan 93%. Pengujian nonfungsional berupa kompatibilitas peramban menggunakan software sortsite menghasilkan 2 critical issues dan 1 major issues. Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini layak untuk digunakan di Layanan Umum Desa Sumput.

English Abstract

Public service is an activity to fulfill the service needs of every citizen of goods, services, and / or administrative services by the organizers provided by public services. Frequent requests for public services in Sumput Village which located in Sidoarjo City, are caused by a large population. Many villagers find it difficult to take care of these important documents because the public service requests for government letters in Sumput Village are still done manually, which hampers the interests of many people. The negative impact of the service that is still manual, namely: service is not organized, takes a long time, allows the occurrence of errors in writing data, and data is not well documented because the data is lost / damaged. Information technology is needed to overcome the general service problems of letter requests that are still manual so that they can improve service performance to make it easier and service performance to be better. The method used in this study is Waterfall Model, which is a systematic approach to software development. Waterfall Model is used because it is in accordance with the business process of service requests for government letters manually that have been determined by the village hall agency. Functional and nonfunctional tests are carried out after the system development has been completed. Functional testing on the government mail service information system produced 93%. Nonfunctional testing in the form of browser compatibility using sortsite software produces 2 critical issues and 1 major issues. Based on the results of software testing conducted it can be concluded that this information system is feasible to be used in the Sumput Village Public Service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/24/051902194
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sistem informasi, waterfall model, surat pemerintah, layanan, desa sumput-development, information system, waterfall model, government letter, service, sumput village
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Jun 2020 14:20
Last Modified: 19 Oct 2021 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168852
[thumbnail of Siti Saudah Warsiono.pdf]
Preview
Text
Siti Saudah Warsiono.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item