Puspitasari, Indah (2019) Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas X Dalam menempuh Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Studi pada: SMK Negeri 2 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Instansi pendidikan saat ini mengajarkan tentang teknologi untuk mengejar perkembangan dunia teknologi dan informasi yang semakin maju. Pada SMK Negeri 2 Malang, teknologi dipelajari secara khusus dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Keberhasilan proses pembelajaran dapat diukur melalui prestasi belajar. Namun, terdapat beberapa faktor yang mampu memengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini mengukur faktor pengaruh motivasi, minat dan keadaan sosial ekonomi keluarga siswa terhadap prestasi belajar. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah motivasi belajar, minat belajar dan keadaan ekonomi mampu memengaruhi prestasi belajar pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan baik secara sendiri atau simultan (bersamaan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada program keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang ada sebesar 106 siswa secara keseluruhan dari kelas X. Sampel yang digunakan melihat dari aturan umum (rule of thumb) dengan teknik random sampling yaitu sebesar 30 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jenis kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa baik secara sendiri-sendiri maupun keseluruhan Ho diterima dan Ha ditolak, dengan masingmasing rincian dilihat dari nilai signifikan untuk minat belajar dengan prestasi belajar adalah 0,91 > 0,05, motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0,67 > 0,05, keadaan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar adalah 0,12 > 0,05 dan secara bersamaan adalah 0,47 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar, motivasi belajar dan keadaan sosial ekonomi tidak memiliki pengaruh dengan prestasi belajar.
English Abstract
Educational institutions currently teach about technology due to development of information technology section. SMKN 2 Malang has technology skills programme, which is Computer Network Engineering. The success of learning process could be measured by learning achievement. However, there are several factors that could influence the learning process. This research measured influence of motivation, interest learning and student’s socio-economic conditions toward learning achievement. Hence, focus of this study is to find out whether learning motivation, interest in learning and economic conditions can influence learning achievement in the Computer and Network Engineering expertise program either alone or simultaneously. Subject in this study were students of grade X in the computer network engineering programme at SMKN 2 Malang. This research method was quantitave with associative type research. The population is 106 students from grade X. The sample used general rule or rule of thumb with random sampling technique to 30 respondents. The instrument research was closed questionnaire. Analyzed techniques were descrisptive analysis, classic assumption test and hypothesis testing. The results obtained from hypothesis testing indicate that both individually and simultaneously Ho are accepted and Ha is rejected. Significant value for learning interest toward learning achievement is 0.91 > 0.05, learning motivation toward learning achievement is 0.67 > 0.05, socio-economic toward learning achievement is 0.12 > 0.05 and simultaneously is 0.47 > 0.05. Hence, this study concluded that motivation, learning interest and socio-economic conditions have no effect toward learning achievement.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/20/051902190 |
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, motivasi belajar, keadaan sosial ekonomi keluarga, prestasi belajar-learning interest, learning motivation, family’s socio-economic, learning achievement |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.15 Educational psychology > 370.154 Motivation to learn |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 09 Jun 2020 08:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 09:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168848 |
Preview |
Text
Indah Puspitasari.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |