Rancang Bangun Sistem Pengukuran Impedansi Pada Quartz Crystal Microbalance Dengan Frekuensi 10 Mhz Menggunakan Modul Pic32mx460F512l

Akbar, Esa Rossiarthato Noor (2018) Rancang Bangun Sistem Pengukuran Impedansi Pada Quartz Crystal Microbalance Dengan Frekuensi 10 Mhz Menggunakan Modul Pic32mx460F512l. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era modern ini terdapat bermacam-macam alat pengukur besaran fisika. Salah satunya adalah alat pengukur bernama impedance analyzer yang digunakan sebagai pengukuran impedansi. Dalam tugas akhir ini, metode yang digunakan adalah metode I-V untuk mengukur nilai impedansinya. Tegangan device under test (DUT) pada rangkaian yang diketahui diukur dan dibandingkan dengan sinyal input yang dibeikan oleh sinyal sinusoidal. Phase dan gain pada DUT dibandingkan dengan sinyal input menggunakan AD8302. AD8302 memberikan tegangan pada beda fase dan gain dari DUT. Dua tegangan output tersebut diumpankan ke port analog to digital (ADC) yang terdapat dimikrokontroler PIC32MX460f512L. Pengukuran beda fase dan gain pada frekuensi yang telah ditentukan dikirim menuju komputer untuk diproses lebih lanjut. Dalam penelitian ini, sebuah sensor Quartz Crystal Microbalance (QCM) digunakan sebagai perangkat sampel yang akan diukur. Dibandingkan dengan Bode 100 impedance analyzer, sistem pengukuran ini menunjukkan bahwa hasil yang baik dalam pengukuran frekuensi pada impedansi minimum (frekuensi resonansi seri dari QCM). Namun, nilai impedansi yang diukur memiliki perbedaan yang besar, terutama pada impedansi yang jauh dari frekuensi resonansi serinya.

English Abstract

In modern era there are many measuring instruments for physical quantities. One of the existing measuring instruments is an impedance analyzer used to measure impedance. In this work, the I-V method to measure the impedance value was used. The voltage of the device under test (DUT) in a known circuit was measured and compared to the input signal at a given sinusoidal signal. The phase and gain of the DUT compared to the input signal using the AD8302. The AD8302 gave voltages for both phase difference and gain of the DUT. Both of the output voltage was feed into the analog to digital (ADC) port of the PIC32MX460F512L microcontroller. The measured phase difference and gain at a given frequency was sent to the computer for further processing. In this work, a Quartz Crystal Microbalance (QCM) sensor was used as a sample device to be measured. Comparing to the Bode 100 Impedance analyzer, the system showed a good agreement in the frequency measurement at minimum impedance (series resonance frequency of the QCM). However, the measured impedance values have a big difference, especially at the impedance far from the series resonance frequency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/528/051901777
Uncontrolled Keywords: Impedansi, impedance analyzer, metode I-V/ Impedance, impedance analyzer, I-V method
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 530.7 Instrumentation
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jul 2020 05:42
Last Modified: 03 Dec 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168660
[thumbnail of Esa Rossiarthato Noor Akbar (2).pdf]
Preview
Text
Esa Rossiarthato Noor Akbar (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item