Maharani W.P, Susana (2018) Analisis Pengaruh Konstruksi Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor Terhadap Konsentrasi Pm0,1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Udara merupakan campuran gas yang sangat esensial bagi kehidupan, baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Udara tercemar mengandung partikulat yang berbahaya bagi tubuh makhluk hidup. Tidak hanya berbahaya bagi pernapasan manusia, tumbuhan juga bisa menjadi kering dan mati apabila udara mengandung polutan. Polutan adalah zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan baik pencemaran udara, tanah, air, dsb. Kendaraan bermotor atau transportasi darat sangat berpengaruh terhadap kualitas udara akibat sejumlah polutan yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi knalpot dan konsentrasi PM0,1 sebelum dan sesudah melewati sampel knalpot yang berbeda dari sebuah sepeda motor untuk mendapatkan knalpot yang efisien terhadap pengurangan konsentrasi PM0,1 yang diketahui dari persentase pengurangan konsentrasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lima buah knalpot sepeda motor dengan jenis yang berbeda, P-Trak Ultrafine Particle Counter model 8525, termokopel tipe K, dan satu buah sepeda motor matic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi dan temperatur knalpot dapat mempengaruhi pengurangan konsentrasi PM0,1.
English Abstract
Air is a gas mixture that is essential for human, animal and plant life. Tainted air contains particulates that are harmful to the bodies of living things. Not only harmful to human respiration, plants but also become dry and die when air contains pollutants. Pollutants are substances or materials that can cause pollution to the environment either air pollution, soil or water. Motor vehicles or land transportation is very influential on air quality due to the number of pollutants produced. This study aims to analyze the exhaust construction and PM0,1 concentrations before and after passing different exhaust samples from a motorcycle to obtain an efficient exhaust on reducing the known concentration of PM0,1 from the concentration reduction percentage. The research was conducted using five different motorcycle exhausts, P-Trak Ultrafine Particle Counter 8525 model, K type thermocouple, and one matic motorcycle. The results showed that construction and exhaust temperature can affect the reduction of PM0,1 concentration.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2018/433/051811086 |
Uncontrolled Keywords: | Emisi, PM0,1, knalpot, Emission, PM0,1, exhaust |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.25 Engines > 629.252 Motor parts of internal-combustion engines > 629.252 8 Emmision control devices |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 02:38 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168574 |
Preview |
Text
SUSANA MAHARANI W.P.pdf Download (21MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |