Penerapan Analisis Biplot Pada Pemetaan Objek Wisata Pantai Jalur Lintas Selatan Malang Dengan Variabel Bauran Pemasaran Jasa

Prasetyo, Aliffandi (2018) Penerapan Analisis Biplot Pada Pemetaan Objek Wisata Pantai Jalur Lintas Selatan Malang Dengan Variabel Bauran Pemasaran Jasa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia semakin meningkat. Sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukan bagi daerah maupun bagi negara. Wilayah Pantai Malang Selatan adalah salah satu kawasan wisata yang memiliki potensi dan daya tarik pada keindahan alam pantai. Pemetaan dan positioning digunakan untuk melihat posisi satu objek wisata pantai dengan objek wisata lain yang sejenis berdasarkan persepsi wisatawan. Penerapan strategi pemasaran dalam bentuk kombinasi bauran pemasaran jasa diperlukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata. Strategi bauran pemasaran jasa terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan processs. Analisis Biplot merupakan salah satu metode statistika yang bertujuan untuk memberikan gambaran posisi objek dengan variabel secara simultan dalam grafik dua dimensi. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner persepsi pengunjung delapan objek wisata pantai di JLS berdasarkan variabel bauran pemasaran jasa (7P). Responden penelitian sebanyak 130 orang dari delapan objek pantai di JLS. Berdasarkan hasil dan grafik analisis Biplot diketahui bahwa Pantai Batu dan Pantai Ungapan adalah pantai yang memiliki keunggulan paling banyak pada variabel bauran pemasaran jasa (7P). Sedangkan pantai yang dipersepsikan tidak memiliki keunggulan sama sekali pada variabel bauran pemasaran jasa adalah Pantai Sendang Biru.

English Abstract

The growth of tourism sector in Indonesia is increasing. The tourism sector is one source of income for the region and for the state. South Malang Beach area is the one of tourist area that has the potential and charm on the natural beauty of the coastal. Mapping and positioning is used to see the position of one coastal tourism object with other similar coastal tourism object based on the perception of the tourists. The application of marketing strategy in the form of a combination of service marketing mix is needed to increase the number of tourists visiting to the tourism object. Service marketing mix strategy consists of product, price, place, promotion, people, physical evidence, and processs. Biplot analysis is one of the statistical methods that aims to provide a representation of the position of objects with variables simultaneously in two-dimensional graphs. The research data was obtained from the questionnaire of the visitor perceptions of eight coastal tourism objects in JLS based on service marketing mix (7P). Research respondents were 130 people from eight coastal tourism objects in JLS. Based on the results and the graph of Biplot analysis, it is known that Pantai Batu Bengkung and Pantai Ungapan were the beach that has the most advantages in the service mix marketing mix (7P). While the perceived beaches have no advantage at all in the service marketing mix is Sendang Biru Beach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/95/051803500
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Bauran Pemasaran Jasa, Analisis Biplot. Mapping, Service Marketing Mix, Biplot Analysis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.3 Mathematical logic (Symbolic logic) > 511.32 Sets > 511.326 Functions and relations
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Oct 2019 02:10
Last Modified: 18 Oct 2021 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168400
[thumbnail of Aliffandi Prasetyo (2).pdf]
Preview
Text
Aliffandi Prasetyo (2).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item