Kinerja Fasilitas Pejalan Kaki Di Jalan MT Haryono (Dinoyo) Kota Malang

Siburian, Kevin Presley (2017) Kinerja Fasilitas Pejalan Kaki Di Jalan MT Haryono (Dinoyo) Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan Perda Kota Malang No. 4 tahun 2011 tentang RTRW Kota Malang Tahun 2010 – 2030 menyatakan bahwa penyediaan dan pemanfaatan jaringan pejalan kaki diarahkan pada seluruh koridor perdagangan dan jasa serta fasilitas umum. Lokasi penelitian berada di Jalan MT. Haryono, Kelurahan Dinoyo, Kota Malang. Jenis guna lahan didominasi oleh kegiatan perdagangan dan jasa serta fasilitas umum. Keberadaan street furniture di jalur pejalan kaki menjadi salah satu permasalahan di lokasi studi. Untuk itu peneliti bertujuan untuk menyusun arahan penataan fasilitas pejalan kaki. Dalam penelitian ini, partisipasi pejalan kaki sangat penting untuk menyusun arahan penataan fasilitas pejalan kaki. Untuk itu penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pejalan kaki sebagai pelaku dalam pemanfaatan fasilitas pejalan kaki dan Pemerintah Kota Malang sebagai pemegang kepentingan dalam membuat peraturan dan arahan penyediaan dan pemanfaatan fasilitas pejalan kaki di Jalan MT Haryono Kota Malang. Pada awalnya, Identifikasi karakteristik pejalan kaki dilakukan untuk mengetahui pola perilaku pejalan kaki. Kemudian evaluasi ketersediaan fasilitas dan tingkat pelayanan jalur pejalan kaki untuk mengetahui kinerja dari jalur pejalan kaki. Selanjutnya persepsi pejalan kaki diidentifikasi menggunakan metode IPA untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan pejalan kaki terhadap kondisi jalur pejalan kaki. Berdasar hasil analisis persepsi pejalan kaki tingkat kepuasan pejalan kaki di Jalan MT. Haryono masih belum optimal (0.73), apabila didasarkan pada hasil perhitungan rata – rata nilai kepuasan dibagi dengan rata – rata nilai kepentingan. Berdasarkan hasil pengelompokan di kuadran I (A), variabel yang memiliki tingkat kepentingan yang cukup tinggi namun tingkat kepuasan yang cukup rendah di segmen 1 (2.25), segmen 2 (2.44) dan segmen 3 (2.44) adalah ketersediaan ramp atau bidang miring pada trotoar. Untuk arahannya diperlukan penyediaan ramp dengan kemiringan maksimal 8%. Oleh karena itu, kebutuhan fasilitas pejalan kaki yang memadai sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja fasilitas pejalan kaki di Jalan MT. Haryono.

English Abstract

According to the local regulation of Malang No. 4 in 2011 about Malang City Masterplan 2010 – 2030 states that the provision and utilization of pedestrian network is directed at the entire corridor for retail and services as well as public facilities. The location of the research is on the road of MT. Haryono, Kelurahan Dinoyo, Malang. Type of land use is dominated by trades which are offered services and goods (daily needs, furniture, etc) as well as public facilities. The existence of street furniture in the pedestrian walkway becomes one of the issues on site study. The aim of this study to compile recommendations of pedestrian facilities. In this study, the pedestrian participation was pivotal to develop recommendations of pedestrian facilities. For that research is expected to be useful for pedestrians as the perpetrator in the pedestrian facilities and Government of Malang as the authority in making the rules and providing and utilizing of pedestrian facilities at MT. Haryono Street Malang. Firstly, researcher identified the characteristics of the pedestrian to seek patterns of pedestrian behavior. Secondly, evaluation on the availability of facilities and service level of the pedestrian pathway was also conducted to know the performance of pedestrian ways. Furthermore, IPA method was performed to understand the level of interest and satisfaction of the pedestrian towards the condition of pedestrian walkway. The study revealed that pedestrian satisfaction on MT. Haryono street was still not optimal (0.73), obtained from the calculation of the mean value of the average satisfaction – divided by the mean of the mean value –interests. Based on the results of the grouping in quadrant I (A), a variable that was fairly high important with very low levels of satisfaction in segment 1 (2.25), segment 2 (2.44) and segment 3 (2.44) was the availability of a ramp or incline on the sidewalk. Therefore, the pedestrian sidewalk should be equipped with a ramp (maximum inclination 8%). Therefore, adequate of pedestrian facilities indispensable to improve the pedestrian facilities at the MT. Haryono Street.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/618/051707211
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Pejalan Kaki, Pejalan Kaki, Penataan
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities > 711.74 Pedestrian transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 Aug 2017 06:15
Last Modified: 05 Oct 2020 10:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1684
[thumbnail of KEVIN PRESLEY SIBURIAN.pdf]
Preview
Text
KEVIN PRESLEY SIBURIAN.pdf

Download (15MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item