Pengaruh Pemberian Pakan Rasional dengan Metode Flushing pada Indukan Kelinci Bunting terhadap Performa Anak yang di Lahirkan

Fatika K.S, Amanda (2018) Pengaruh Pemberian Pakan Rasional dengan Metode Flushing pada Indukan Kelinci Bunting terhadap Performa Anak yang di Lahirkan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelinci merupakan ternak alternatif yang mempunyai peluang sebagai penyedia sumber protein hewani yang sehat dan berkualitas tinggi serta kemampuan reproduksi yang tinggi. Perkawinan yang baik diharapkan dapat menghasilkan jumlah anak atau persentase pembuahan yang tinggi. Pemberian pakan sesuai dengan kebutuhanya akan menigkatkan hasil reproduksi salah satunya adalaha performanceanak yang dilahirkan. Penelitian dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) batu Jl. Songgoriti 24, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, penelitian berlangsung selama tiga bulan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan dengan metode flushing pada indukan kelinci terhadap performance anak yang dilahirkan. Hasil penelitian diharapkan dapat berguna sebagai informasi untuk peternak kelinci tentang metode flushing yang dapat meningkatkan performance anak yang dilahirkan. Materi penelitian menggunakan indukan kelinci berjumlah 20 ekor, parietas 2, dengan bobot 2733.3 g, diberi pakan rasional dengan kandungan nutrisi yang digunakan untuk metode flushing sebelum dikawinkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan lapang menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Perlakuan pada penelitian ini adalah P0 = kontrol, P1 = diberi pakan rasional 2 hari sebelum dikawinkan, P2 = diberi pakan rasioanl 4 hari sebelum dikawinkan, dan P3 = diberi pakan rasional 6 hari sebelum dikawinkan. Masing – masing perlakuan diulang sebanyak lima kali. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan analisis ragam (ANOVA) rancangan acak lengkap (RAL) jika data berpengaruh maka dilanjut uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pakan dengan metode flushing pada litter size tidak memberikan pengaruh nyata (P>0.05). Rataan dari hasil penelitian menunjukan litter size (7,60 ±1,67 % - 5,50±3,42 %), rataan dari hasil bobot lahir anak (61,31±17,46 g - 51,69±2,56 g), dan rataan dari hasil mortaliatas anak (15,52±17,92 % - 0,00±0,00) Hasil penelitian pada litter size anak dipengaruhi oleh kualitas indukan yang bagus. Bobot lahir sangat berpengaruh terhadap litter size dikarenakan semakin banyak anak yang dihasilakan akan membuta bobot setiap anak menjadi semakin rendah. Kecilnya nilai mortalitas maka akan lebih baik, mothering ability sangat mempengaruhi mortalitas yang umumnya sebabkan oleh stress. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberian pakan dengan metode flushing menggunakan pakan “Terwelu MNT” tidak memperbaiki performance hasil anak yang dilahirkan, antara lain litter size, bobot lahir, dan mortalitas. Saran pada penelitian ini sebaiknya untuk penelitian selanjutnya,alangkah baik bila penggunaan metode flushing dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama dari penelitian yang telah dilakukan.

English Abstract

The aim from this research is to find out young performance wich born from pregnancy parent with Flushing feeding methode. The materials use 20 rabbit head with 4 treatments (P0, P1, P2, P3) and 5 replications and using Completely Randomized Design (RAL) for statistic analyze. Observed variables from young performance are litter size, body weight, and mortality with used Analysis of Variance (ANOVA) and followed by LSD (Least Significant Difference)when treatment have the effect significantly. The result analysis of with flushing feeding methode in pregnancy parent no signifficantly effect (P>0.05) on the young performance. The averages of litter size variance is 7,60% ± 1,67 - 5,50% ± 3,42%, the average of born weight variance is 61,31 ± 17,46 – 51,69 ± 2,56 g, and the average of mortality variance is 15,52 head ± 17,92 % - 0,00 head ± 0,00. The conclusion from this research is flushing feeding methode can’t improve litter size, body weight, and mortality from young performanfce.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/445/051808536
Uncontrolled Keywords: Body weight, flushing feeding, litter size, mortality, rabbit pregnancy, young rabbit
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.9 Other mammals > 636.932 2 Other mammals (Oryctolagus (Old World rabbit))
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:13
Last Modified: 08 Jul 2019 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168302
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item