Perbedaan Produksi Dan Kualitas Susu Antara Puting Depan Dan Puting Belakang Pada Sapi Perah PFH

Ilmi, Ahmad Rosyikh (2018) Perbedaan Produksi Dan Kualitas Susu Antara Puting Depan Dan Puting Belakang Pada Sapi Perah PFH. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sapi perah merupakan salah satu hewan ternak penghasil susu yang disekresikan dari kelenjar ambing sapi yang sedang laktasi dengan hasil pemerahan yang sempurna.Manajemenpemeliharaan yang burukberdampakpadarendahnyajumlahproduksisusu yang dihasilkan. Adanya manajemen pemeliharaan yang baik maka akan didapatkan produksi susu segar yang berkualitas dan kandungan nutrisi tinggi. Komposisi susu merupakan indikator untuk mengetahui produksi dan kualitas susu segar. Komposisi susu sendiri umumnya berbeda antara pemerahan dan letak antar puting, sehingga hal ini biasanya dapat dijadikan peluang terjadinya pemalsuan susu. Pemerahan susu antar puting dapat mempengaruhi kualitas dan kandungan susu yang berbeda sehingga di perlukan proses pemerahan dengan prosedur yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan produksi dan kualitas susu sapi perah PFH antara puting depan dan puting belakang dengan melakukan uji berat jenis dan kadar lemak. Hasil penelitian diharapkan memberi manfaat bagi para peternak sapi perah PFH dalam meningkatkan produksi susu dan menerapkan manajemennya, serta memberikan tambahan pengetahuan bagi penulis dan peternak tentang perbedaan produksi dan kualitas susu antara puting depan dan puting belakang. Materi penelitian adalah sapi perah PFH yang diambil dari peternakan di desa Sumberagung, kecamatan Ngantang, kabupaten Malang, denganjumlahsapisebanyak 30 ekor pada periode laktasi 2 dan 4. Pemilihan materi dilakukan secara survey. Proses pemerahan antara puting bagian depan dan puting bagian belakang di pisah selanjutnya di uji menggunakan uji berat jenis dan kadar lemak. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) pada produksi susu, berat jenis, kadar lemak antara puting depan dan belakang. Hasil penelitian menunjukkan rataan produksi susu puting depan 6,41±1,33 liter/ekor (41%) dan puting belakang 9,15±1,52 liter/ekor (59%). Analisis menggunakan uji t dari uji berat jenis menunjukkan adanya pebedaan yang nyata (P<0,05) rata rata berat jenis pada puting depan yaitu,026±0,00110dan berat benis puting belakang 1,026±0,00122. Analisis menggunakan uji t menunjukkan adanya perbedaan yang nyata antara kadar lemak puting depan dan puting belakang (P<0,05) rata - rata kadar lemak dari puting depan 4,47±0,160 % dan rata – rata kadar lemak dari puting belakang4,45±0,122 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya pebedaan antara puting depan dan puting belakang baik dari produksi, berat jenis susu, maupun kadar lemak susu. Apabila berat jenis lebih tinggi maka kadar lemak lebih rendah, begitupun sebaliknya.

English Abstract

Milk production and milk quality are very important, conducted for research that aims to knock production differences and milk quality between the nipples and nipples. This research was aimed at providing knowledge to farmers that there was a difference in the production and quality of milk.The purpose of this research was to know the difference of production and quality of crossbread Friesian Holstein milk between the fore teat and rear the teat using the type and fat test. The research material wascross bread Friesian Holstein.as many as 30 tail in the lactation period 2 and 4. The selection of materials conducted by survey, then tested using the test of specific gravity and fat content. from result of research obtained difference (P<0.05) between teat fore and rear teat, either from milk production, density of milk, milk fat content. Based on the results of the study concluded that the difference between the teat fore and teat rear, If the specific gravity was higher then the fat content is lower, vice versa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/394/051807561
Uncontrolled Keywords: Dairy cow, milk production, milk composition, teats
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.21 Cattle for specific purposes > 636.214 2 Cattle milk
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 May 2020 05:46
Last Modified: 13 Jul 2022 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168070
[thumbnail of Ahmad Rosyikh Ilmi.pdf] Text
Ahmad Rosyikh Ilmi.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item