Efektivitas Penambahan Fitobiotik Kombinasi dari Daun Torbangun, Sambiloto dan Mimba Terhadap Performans Ayam Pedaging

Adami, Dimas Firdaus (2018) Efektivitas Penambahan Fitobiotik Kombinasi dari Daun Torbangun, Sambiloto dan Mimba Terhadap Performans Ayam Pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fitobiotik berpotensi dapat menggantikan antibiotik sintetis sebagai aditif pakan karena memiliki fungsi yang sama sebagai antibakteri. Fitobiotik lebih bekerja optimal apabila tersusun dari berbagai bahan. Daun Torbangun memiliki senyawa aktif taxifolin yang berfungsi sebagai hepatoprotective, sehingga dapat menjaga kesehatan organ hati. Daun Sambiloto mengandung senyawa androgapholid yang berfungsi sebagai antibakteri, sehingga organ pencernaan dapat bekerja secara optimal. Daun mimba memiliki kandungan azadiractin yang berfungsi sebagai immuno-modulator. Ketiga bahan tersebut apabila dikombinasikan dalam pembuatan fitobiotik berpotensi dapat meningkatkan performans ayam pedaging. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur efektivitas formulasi fitobiotik yang disusun dari daun Torbangun, Sambiloto dan Mimba terhadap performans ayam pedaging yang meliput konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan dan Income Over Feed Cost (IOFC). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Januari - 21 Februari 2018 di Laboratorium Lapang Sumber Sekar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Kecamatan Dau, Kota Batu. Materi penelitian menggunakan DOC (Day Old Chick) strain Lohmann Grade Platinum berjumlah 120 ekor (unsexed) yang di produksi oleh PT. Japfa Comfeed. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode percobaan lapang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 perlakuan dan 6 ulangan untuk setiap perlakuan. Setiap perlakuan menggunakan 5 ekor ayam. Perlakuan yang digunakan yaitu penambahan fitobiotik yang dibuat dari kombinasi daun Torbangun, Sambiloto dan Mimba sebanyak 0% (P0), 0,5% (P1), 0,75% (P2) dan 1% (P3). Variabel yang diamati pada penelitian ini yaitu konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan dan Income Over Feed Cost. Data dianalisis dengan ANOVA, dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan apabila ditemukan hasil yang berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan fitobiotik kombinasi daun Torbangun, Sambiloto dan Mimba tidak memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan dan Income Over Feed Cost. Penambahan fitobiotik dari kombinasi daun Torbangun, Sambiloto, dan Mimba pada level 1% menunjukkan perlakuan terbaik untuk konsumsi pakan (3034,45±54,88g/ekor), pertambahan bobot badan (1673,56±172,34g/ekor) dan konversi pakan (1,78±0,18). Disimpulkan bahwa penambahan fitobiotik kombinasi dari daun Torbangun, Sambiloto dan Mimba tidak menunjukkan efektifitas yang signifikan terhadap performans ayam pedaging. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan perbedaan level kombinasi fitobiotik agar diketahui tingkat keefektifan kombinasi daun Torbangun, Sambiloto dan Mimba

English Abstract

Phytobiotics potentially can replace antibiotic as feed additive synthetic, it has same function as antibacterial and has other advantages from herbal ingredients. Phytobiotics can working optimally, the compilers from powder leaves were Torbangun leaves had taxifolin as hepato-protective, Sambiloto leaves had Androgapholide as antibacterial can working optimal in digestive organs, and Mimba leaves had Azadiractin as Immuno-modulator. The research aimed was to find out the effect of phytobiotics compilers as feed addictive on broiler performance (feed consumption, daily gain, feed conversion, and Income over Feed Cost (IOFC)). The materials used for this research were 120 Lohmann DOC broiler. The method used was experiment in Completely Randomized Design with 4 treatments and 6 replications. The treatments (0%; 0,5%; 0,75% and 1%) additions of phytobiotics in feed. Statistical analysis by ANOVA. If the effect was significant, it would be tested by Duncan’s Multiple Range Test. The results showed that phytobiotics addition in broiler feed did not gave significant effect (P>0,05) on feed consumption, daily gain, feed conversion, and Income over Feed Cost (IOFC). The conclusion was addition of phytobiotics did not give better effect on broiler performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/386/051807553
Uncontrolled Keywords: phytobiotics, torbangun, sambiloto, mimba, broiler performance.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.5 Chickens and other kinds of domestic birds
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:56
Last Modified: 13 Jul 2022 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168064
[thumbnail of Dimas Firdaus Adami.pdf] Text
Dimas Firdaus Adami.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item