Budiman, Iqbal Favian Putra (2018) The Influence of Electronic Word of Mouth (eWOM) Toward Brand Image and Its Impact on Purchase Decision (Study on Followers Official Acount Instagram @strudelmalang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Word of Mouth memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan bentuk pemasaran tradisional lainnya karena secara komparatif memberikan informasi yang lebih akurat dan dapat diandalkan berdasarkan pengalaman langsung menggunakan product atau service. Pertumbuhan Internet saat ini telah mengubah Word of Mouth menjadi Electronic Word of Mouth. Oleh karena itu, perusahaan menghadapi peningkatan dalam menghadapi konsumen yang interaktif dalam menggunakan internet untuk menyebarluaskan pengetahuan dan pendapat mereka. Dengan memberikan informasi dan ulasan mengenai kepuasaan konsumen dalam mengkonsumsi produk maka akan menciptakan citra sebuah produk sebagai Citra Merek. Citra Merek positif dapat menentukan persepsi terhadap produk dimana konsumen akan memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Instagram adalah media sosial yang banyak digunakan saat ini dan banyak perusahaan menggunakan Instagram untuk implementasi strategi pemasaran mereka, salah satunya adalah Malang Strudel. Implementasi Electronic Word of Mouth di @strudelmalang dapat dikatakan berhasil karena memiliki jumlah followers berjumlah 133000 dengan total jumlah 5512 posting. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh dari Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek dan dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan purposive sampling dan menyebarkan kuesioner online kepada 116 responden. Analisi deskriptif dan analisis jalur digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan data yang telah dikumpulkan sebagai kesimpulan yang dapat digunakan dan juga menjelaskan pengaruh dari masing masing variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa setiap komentar dan ulasan di Instagram akan membentuk Citra Merek perusahaan berdasarkan tinjuan pengalaman konsumen yang secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumen lain untuk membuat keputusan pembelian. Temuan ini dibuktikan oleh jawaban semua responden yang menyatakan bahwa pengaruh kegiatan Electronic Word of Mouth terhadap Citra Merek perusahaan yang secara tidak langsung memengaruhi Keputusan Pembelian. Untuk implikasi manajerial, penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan harus mengadakan acara lebih sering di Instagram sehingga dapat memicu lebih banyak Electronic Word of Mouth. Perusahaan harus menjaga dan meningkatkan kualitas produk mereka juga untuk memuaskan konsumen. Selain itu, ini juga bisa menjadi strategi untuk mencegah konsumen mengalami pengalaman buruk yang mengarah ke Negatif Electronic Word of Mouth.
English Abstract
Word of mouth has greater influence compared to any other form of traditional marketing because it comparatively provides more accurate and reliable information based on first hand experience of product or service. The growth of Internet today has changed Word of Mouth into Electronic Word of Mouth. Due to these changes, companies are facing a highly increasing interactive consumer who uses the internet to disseminate their knowledge and opinion. By providing information and review about consumer satisfaction in consuming product then a perspective of consumers will represent the image of product as brand image. A positive brand image can determine a perception of product where consumer will have a positive effect towards a Purchase Decision. Instagram is the most used social media today and many companies use Instagram for the implementation of their marketing strategies, one of thoses companies is Malang Strudel. The implementation of Electronic Word of Mouth on @strudelmalang is said to be successful because of the number of followers which is 133000 Followers with a total number of 5512 posts. The Purpose of this research is to explain the effect of Electronic Word of Mouth towards Brand Image, the effect of Electronic Word of Mouth on Purchase Decision and the effect of Brand Image on Purchase Decision. The type of this research is explanatory research with a quantitative approach by using purposive sampling and distribution of online questionnaire to 116 respondents. The descriptive analysis and path analysis was used in this research to describe data that has been collected as the conclusions applicable to the public and also explaining the influence of each variable. The conclusion of this research is that every comment and review in Instagram will form a brand image of a company based on the review of a former consumer that will indirectly influence consumers to make a purchase decision. This finding is proven by the answer of all respondents stating that Electronic Word of Mouth activity influence’s a company’s Brand Image which indirectly impacts consumer Purchase Decision. For managerial implications, this research suggests that a company should hold events more frequently on Instagram so it can trigger more Electronic Word of Mouth. A company also has to maintain and improve the quality of their products in order to satisfy their consumers. Besides that, it can also become a strategy to prevent consumers having bad experience’s that lead to a negative Electronic Word of Mouth.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/1238/051902017 |
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Oleh oleh Kota Malang.-Electronic Word of Mouth, Brand Image, Purchase Decision, Malang Food Gift. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 22 May 2019 02:04 |
Last Modified: | 22 May 2019 02:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167896 |
Actions (login required)
View Item |