Hubungan Intensitas Membaca Al-Qur’an Dengan Regulasi Emosi Remaja Di SMPN 02 Batu.

Mayangsari, Rosa (2018) Hubungan Intensitas Membaca Al-Qur’an Dengan Regulasi Emosi Remaja Di SMPN 02 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan psikologis pada remaja adalah perubahan emosi yang masih belum stabil. Regulasi emosi merupakan kemampuan seseorang dalam menstabilkan emosi yang ada pada diri individu. Regulasi emosi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu faktor religiusitas termasuk intensitas dalam membaca Al-Qur’an. Di era modern seperti ini yang teknologi semakin canggih membuat remaja mulai lupa akan Al-Qur’an. Padahal Al-qur’an merupakan salah satu cara yang bisa diberikan pada remaja untuk meningkatkan, mengurangi atau mempertahankan respon emosi yang dirasakannya baik berupa hal postif maupun negatif. Responden penelitian ini berjumlah 200 responden dengan menggunakan metode cross sectional yang dibagikan 2 kuesioner yaitu kuesioner intensitas membaca Al-Qur’an dan kuesioner regulasi emosi. Pada penelitian ini didapatkan bahwa tingkat intensitas membaca Al-Qur’an remaja SMPN 02 Batu tergolong tinggi dengan jumlah 191 responden (95,5%), dan tingkat regulasi emosi sedang sejumlah 133 responden (66,5%). Berdasarkan hasil uji Spearman Correlation diperoleh nilai 0,001 < 0,05 dengan korelasii sebesar 0,233 yang berarti kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang lemah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungann intensitas membaca Al-Qur’an dengan regulasi emosi remaja di SMPN 02 Batu. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian multivariat terkait faktor-faktor yang berhubungan dengan regulasi emosi.

English Abstract

Psychological changes in teenagers is the change of emotions that are still not stable. Regulation of emotion is a person's ability in stabilizing emotions in individuals. Regulation of emotions can be affected by many factors, one of which, namely the factors including the intensity of religiosity in reading the Qur'an. In modern times like this that the more sophisticated technology makes teens start to forget the Qur'an. Whereas the qur'an is one way that can be given to teenagers to increase, decrease or maintain the emotional response to a perceived either positive or negative thing. The respondents of this study amounted to 200 respondents using cross sectional shared 2 questionnaire, the questionnaire intensity reading Qur'aan and questionnaire the regulation of emotions. On this research obtained that level of intensity of reading Qur'aan teens in SMPN 02 including high with 191 results respondents (95.5%), and the level of regulation of emotions are as big as 133 respondents (66.5%). Spearman Correlation test results based obtained a value of 0.001 with korelasii of 0.05 < 0.233 which means that both variables have a weak relationship level. Based on these results it can be concluded that there exists a hubungann intensity of reading Qur'aan with teenage emotion regulation in SMPN 02 Batu. For further research are expected to perform multivariate research related factors associated with the regulation of emotions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/170/051805411
Uncontrolled Keywords: Remaja, Perubahan Psikologis, Regulasi Emosi, Intensitas Membaca Al-Qur’an / Teenagers, psychological changes, regulation of emotion, intensity of reading Qur'aan
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.4 Emotions
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2019 06:38
Last Modified: 14 Jan 2021 05:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167598
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item