Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang.

Chairie, Adira Deandra (2018) Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Smartphone apabila digunakan secara tepat, dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya, termasuk anak yaitu memiliki fungsi adaptif untuk mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang menjalani hospitalisasi. Rancangan penelitian menggunakan desain quasi experiment dengan metode non equivalent control gorup design, dengan sampel setiap kelompok tidak dipilih secara random. Sampel dipilih dengan cara Non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol (n=22), dan kelompok perlakuan (n=22). Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah perilaku kooperatif anak. Analisis uji T dependen pada kelompok perlakuan menunjukkan hasil signifikan (p=0.001) dan pada kelompok kontrol menunjukkan tidak berbeda secara signifikan (p=0.143). Hasil perbandingan kelompok kontrol dan perlakuan dengan uji T indepenen menunjukkan nilai P < α (0.014 < 0.05), bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelompok kontrol dan perlakuan. Salah satu kriteria ada sampel pada penelitian ini adalah anak yang sudah terpapar oleh smartphone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode terapi bermain game edukatif berbasis smartphone dapat meningkatkan skor perilaku kooperatif anak usia prasekolah (4-6 tahun) yang mengalami hospitalisasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang.

English Abstract

Positive impact will come when smartphone is being used properly. This research conducts to know the improvement of cooperative behaviour’s on preschool childrens who were hospitalized. This research using quasi experiment design with non equivalent control group design. The sample of the group are not chosen by random. Samples are chosen by non probability sampling with the technique of purposive sampling then divided into two groups. There are control group (n=22) and treatment group (n=22). Variable that measured in this research is children’s cooperative behaviour. T test analysis dependent on treatment gruop showed a significant result (p = 0.001) and for the control group not significant result is shown (p=0.0143). The result on the comparison in control group and treatment group with independent T test shows the P value < α (0.014 < 0.05), that there is some impact of using smartphone to provide educative game therapy is to improve the cooperative behaviour score in the treatment group. One of the criteria of the sample is those whom already been exposed to smartphone. The conclusion of this research is that there is some impact of using smartphone to provide an educative game therapy to increase the cooperative behaviour of children in preschool aged (4-6 years old) who are hospitalized in General Hospital Kanjuruhan Kepanjen Malang Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/146/051805387
Uncontrolled Keywords: Smartphone, perilaku kooperatif, hospitalisasi, anak prasekolah / Smartphone, cooperative treatment, hospitalization, children preschool.
Subjects: 300 Social sciences > 372 Primary education (Elementary education) > 372.3 Knowledge, computer science, library and information sciences, science, technology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Apr 2020 23:15
Last Modified: 16 Mar 2022 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167439
[thumbnail of Adira Deandra Chairie (2).pdf]
Preview
Text
Adira Deandra Chairie (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item