Pengaruh Faktor Pemasaran Terhadap Daya Tarik Kampung Tematik di Kota Malang

Rosulinanda, Muchammad (2018) Pengaruh Faktor Pemasaran Terhadap Daya Tarik Kampung Tematik di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap kawasan permukiman di daerah perkotaan membutuhkan daya tarik untuk menghidupkan sektor ekonomi di dalamnya (Kotler, 1993). Namun, banyak kawasan permukiman di perkotaan di Indonesia menghadapi masalah kurangnya daya tarik yang mengakibatkan permasalahan rendahnya perekonomian masyarakat. Places Marketing adalah strategi revitalisasi lokasi untuk meningkatkan daya tarik lokasi melalui setting faktor pemasaran yang dimiliki lokasi sehingga menarik target pasar lokasi untuk melakukan aktifitas ekonomi didalam lokasi (Kotler et al. 1993). Program kampung tematik yang terdapat di Kota Malang telah merubah citra kampung yang dulu kumuh sekarang menjadi destinasi wisata baru di Kota Malang (Kompas, 2016). Sehingga dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh faktor pemasaran terhadap daya tarik kampung tematik di Kota Malang. Kampung tematik pertama akan diidentifikasi target pasarnya yang dapat dilihat dari aktifitas ekonomi kampung dan fisik kampung yang mewakili infrastruktur yang dimiliki kampung dalam memberikan pelayanan terhadap target pasar kampung. Setelah diketahui target pasar yang dimiliki setiap kampung tematik, dalam penelitian ini akan melihat pengaruh faktor pemasaran terhadap daya tarik kampung. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh antara faktor pemasaran yang terdiri dari faktor atraksi, infrastruktur, Image, dan masyarakat. Hasil penelitian ini didapatkan kampung tematik di Kota Malang memiliki dua kategori target pasar yakni kampung tematik dengan target pasar pengunjung wisata dan kampung tematik dengan target pasar industri. Pengaruh faktor pemasaran terhadap daya tarik pada kampung tematik industri didapatkan hasil dengan persamaan regresi Y = 4,749 + (-0,420) X1 + 0,337 X2 + 0,319 X3 + 0,249 X4, bahwa faktor infrastruktur, image dan masyarakat adalah faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan daya tarik kampung, sedangkan faktor atraksi wisata memiliki pengaruh yang terbalik. Sedangkan pada kampung tematik dengan target pasar pengunjung wisata didapatkan hasil dengan persamaan regresi Y = 2,506 + 0,564 X1 + 0,275 X2 + 0,292 X3 + 0,142 X4, bahwa faktor atraksi wisata, infrastruktur, image dan masyarakat berpengaruh dalam peningkatakn daya tarik kampung tematik dengan target pasar pengunjung wisata.

English Abstract

Every residential area in urban areas requires an attraction to revive the economic sector in it (Kotler, 1993). However, many residential areas in urban areas in Indonesia face the problem of lack of attractiveness which results in problems in the low economy of the community. Places Marketing is a location revitalization strategy to increase the attractiveness of a location through the marketing factor settings owned by the location so that it attracts the target market location to carry out economic activities in the location (Kotler et al. 1993). Kampung tematik program in Malang City has changed the image of the kampung which used to be slum now become a new tourist destination in Malang City (Kompas, 2016). So that in this study wanted to know the effect of marketing factors on the attraction of kampung tematik in Malang City. The first kampung tematik will be identified by the target market, which can be seen from the village economic activities and village physical representations of the village's infrastructure in providing services to the village target market. After knowing the target market owned by each kampung tematik, in this study will look at the influence of marketing factors on the attractiveness of the kampung. This study uses multiple linear regression to see the influence between marketing factors consisting of attractions, infrastructure, image, and society. The results of this study found kampung tematik in Malang City have two target market categories, namely kampung tematik with a target market of tourist visitors and kampung tematik with target industrial markets. The effect of marketing factors on the attractiveness of industrial kampung tematik is obtained by the regression equation Y = 4.749 + (-0.420) X1 + 0.337 X2 + 0.319 X3 + 0.249 X4, that the infrastructure, image and people factors are factors that influence the increase in village attraction , while tourist attraction factors have an inverted influence. Whereas in the kampung tematik with the tourist visitor market target obtained by the regression equation Y = 2.506 + 0.564 X1 + 0.275 X2 + 0.292 X3 + 0.142 X4, that tourist attraction, infrastructure, image and people factors influence the increase of thematic village attraction with the target market tourist visitors.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1137/051812130
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.4 Local community planning (city planning) > 711.43 Plans based on size
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2020 07:21
Last Modified: 28 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167409
[thumbnail of Muchammad Rosulinanda (2).pdf]
Preview
Text
Muchammad Rosulinanda (2).pdf

Download (20MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item