Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rsud Kanjuruhan Kabupaten Malang

Silalahi, Sisca Arianti (2018) Pengaruh Terapi Bermain Game Edukatif Berbasis Smartphone Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rsud Kanjuruhan Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menjalani perawatan dirumah sakit (hospitalisasi) pada anak dapat menimbulkan kecemasan. Kecemasan yang dirasakan oleh anak dapat ditunjukkan dengan beberapa respon diantaranya sering menangis, berteriak, memanggil orang tuanya dan tidak kooperatif. Untuk menurunkan kecemasan dan ketidaknyamanan tersebut maka dapat menggunakan terapi salah satunya dengan terapi bermain game berbasis smartphone. Tujuan dalam Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah (4-6 tahun) dalam menjalani hospitalisasi. Desain yang digunakan pada penelitian adalah menggunakan rancangan quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 44 responden yang dirawat inap minimal 2 hari, 22 responden pada kelompok intervensi dan 22 responden pada kelompok kontrol. Pada kelompok intervensi akan diberikan terapi bermain game smartphone dan kelompok kontrol tidak diberikan terapi bermain. Variabel diukur dengan menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan uji T-test. Hasil uji paired T-test pada kelompok kontrol adalah 0.083, pada uji paired T test pada kelompok intervensi didapatkan hasil 0,000 dan pada uji independent T test didapatkan hasil 0,000 (p value) dengan taraf signifikansi 0.05. Dari hasil uji paired T test dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pada kelompok kontrol namun terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi. Pada uji independent T test dapat disimpulkan terdapat pengaruh terapi bermain game edukatif berbasis smartphone terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah (4-6 tahun) dalam menjalani hospitalisasi.

English Abstract

Taking care of hospitalization (hospitalization) in children can cause anxiety. Anxiety felt by the child can be demonstrated by several responses such as frequent crying, shouting, calling his parents and uncooperative. To reduce the anxiety and discomfort then it can use therapy one of them with a smartphonebased game play therapy. The purpose of the study was to determine the effect of educational game-based educational games therapy on anxiety level in preschool children (4-6 years) in undergoing hospitalization. The design used in the study was to use a quasi experimental design. The sampling technique used is purposive sampling. This study used a sample of 44 respondents who were hospitalized for at least 2 days, 22 respondents in the intervention group and 22 respondents in the control group. In the intervention group will be given smartphone game play therapy and control group is not given play therapy. The variables were measured using questionnaire and analyzed using T-test. The result of paired T-test in the control group is 0.083, the paired T test in the intervention group obtained 0.000 results and in the independent test T test obtained 0.000 (p value) with significance level of 0.05. From paired T test result it can be concluded that there is no significant difference before and after in control group but there is significant difference before and after in intervention group. In independent T test, it can be concluded that there is influence of smartphone-based educational game play to the anxiety level of preschool children (4-6 years) in hospitalization.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/157/051805398
Uncontrolled Keywords: terapi game smartphone, hospitalisasi, prasekolah, dan tingkat kecemasan./ smartphone gaming therapy, hospitalization, preschool, and anxiety levels.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.8 Specific therapies and kinds of therapies
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:54
Last Modified: 15 Jun 2022 04:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167237
[thumbnail of Sisca Arianti Silalahi (2).pdf] Text
Sisca Arianti Silalahi (2).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item