Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification

Wicaksono, Ericko (2018) Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Acara merupakan aktivitas yang di lakukan dengan tujuan tertentu. Acara saat ini sangat sering dilakukan dalam durasi, dan lingkup yang berbeda. Oleh karena itu, pengelolaan acara sangat penting dilakukan. Pengelolaan acara yang telah ada saat ini masih belum baik dikarenakan belum dipakainya teknologi sebagai pendukung. Selain itu, kurangnya minat dari pelaku pengelolaan acara juga memberikan dampak yang kurang baik. pengelolaan acara membutuhkan hal menarik untuk menambah minat dan semangat dari pengelola acara. Maka dilakukan pendekatan berupa gamification dalam pengelolaan acara tersebut. Gamification disini memiliki beberapa elemen. Elemen dari gamification contohnya seperti sistem badge, quest, voting, peringkat, dan penghargaan. Oleh karena itu dilakukan pembuatan aplikasi pengelolaan acara dengan pendekatan gamification yang bebasis website untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan acara. Aplikasi ini dirancang menggunakan pendekatan OO (Object Oriented) dan di implementasikan pada pemrograman java dan Javascriprt. Sistem ini dibangun dengan menggunakan framework Springboot dan Vue. Pembangunan sistem pengelolaan acara dibuat dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas dan antusias dari pengelola acara. Sistem diuji dengan pengujian whitebox yaitu pengujian unit dan integrasi, serta pengujian blackbox yaitu validasi yang menghasilkan sejumlah 37 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional teruji valid.

English Abstract

The event is an activity that is carried out with a specific purpose. Current events are very often carried out in different durations, and environtment. Therefore, event management is very important. The management of the programs that are currently available is still not good because technology has not been used as a support. In addition, the lack of interest from the event management also had a bad impact. event management requires interesting things to add interest and enthusiasm from the event manager. Then an approach was taken in the form of gamification in managing the event. Gamification here has several elements. Elements of gamification for example, such as badge systems, quests, voting, ranking, and awards. Therefore an event management application is made with a website-based gamification approach to facilitate event management. This application is designed using the OO (Object Oriented) approach and implemented in Java and Javascript programming. This system is built using the Springboot and Vue framework. The development of an event management system is made in the hope of increasing productivity and enthusiasm from the event manager. The system is tested by whitebox testing, namely unit testing and integration, and blackbox testing, which is validation that produces 37 functional requirements and 1 non-functional requirement that is valid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/953/051900701
Uncontrolled Keywords: acara, gamification, website, OO, springboot
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.2 Programming for specific types of computers, for specific operating systems, for specific user interfaces > 005.27 Programming for processing modes
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Apr 2020 03:35
Last Modified: 24 Jun 2022 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167147
[thumbnail of Ericko Wicaksono.pdf] Text
Ericko Wicaksono.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item