Analisis dan Perancangan Data Warehouse Menggunakan Pendekatan Mixed-driven (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupate Sidoarjo)

Umam, Qomarul (2018) Analisis dan Perancangan Data Warehouse Menggunakan Pendekatan Mixed-driven (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupate Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi pada saat ini memungkinkan untuk membantu manusia dalam aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Bahkan lebih dari itu, teknologi juga membantu manusia dalam hal-hal yang penting. Teknologi telah diterapkan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dalam kasus kali ini yaitu Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan pelaporan (reporting). Akan tetapi, penyampaian laporan yang dilakukan masih menggunakan On-Line Transaction Processing (OLTP). Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) membangun suatu data warehouse yang berguna untuk mengintegrasikan semua data OLTP pada masing-masing OPD, sehingga sumber data pelaporan menjadi terpusat dan juga berguna sebagai back-up data OLTP. Tahapan yang pertama dalam membangun data warehouse yaitu analisis kebutuhan. Dalam kasus ini, analisis kebutuhan data warehouse menggunakan pendekatan mixed-driven. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan telah didapatkan tiga information package yaitu information package perencanaan anggaran, usulan anggaran, dan realisasi anggaran. Information package tersebut menghasilkan dua perancangan multidimensional berbentuk star schema serta berdasarkan hasil pengujian validasi dengan melakukan expert judgement dan pengujian verifikasi menggunakan Requirement Traceability Matrix (RTM) menunjukkan bahwa rancangan yang telah dibuat 100% valid dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

English Abstract

Today technology is possible to help people in their daily activity. Technology also help people in important things. Technology has been implemented by several Organisasi Perangkat Daerah (OPD), there are Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) and Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sidoarjo to conduct reporting. However, the submission of reports carried out still uses On-Line Transaction Processing (OLTP). Therefore, Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sidoarjo built a data warehouse that is useful for integrating all OLTP data on each OPD, so that the reporting data source becomes centralized and is also useful as OLTP data back-up. The first stage in building a data warehouse is requirements analysis. In this case, requirements analysis data warehouse uses a mixed-driven approach. Based on the results of the requirements analysis, three information packages have been obtained, they are information package budget planning, budget proposal, and budget realization. The information package produced two multidimensional designs in the form of star schema and based on the results of validation testing by conducting expert judgment and verification testing using Requirement Traceability Matrix (RTM) showed that the design that had been made was 100% valid and according to user needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/956/051900704
Uncontrolled Keywords: pelaporan, data warehouse, OLTP, mixed-driven, expert judgement / report, data warehouse, OLTP, mixed-driven, expert judgement
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.7 Management of materials > 658.78 Internal control of material and physical distribution > 658.785 Storage
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Apr 2020 06:22
Last Modified: 24 Jun 2022 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167129
[thumbnail of Qomarul Umam.pdf] Text
Qomarul Umam.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item