Analisis Perilaku Abutmen tanpa Wing Wall pada Jembatan dalam Menahan Beban Tumbukan (Collision) Akibat Gempa

Ikhsan, Erika Ainun Zakinah (2018) Analisis Perilaku Abutmen tanpa Wing Wall pada Jembatan dalam Menahan Beban Tumbukan (Collision) Akibat Gempa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abutment merupakan struktur bawah jembatan yang mempunyai peranan penting dari suatu jembatan karena beban-beban dari struktur atas jembatan langsung ditumpu oleh abutment. Saat terjadi gempa, beban yang ditahan abutment menjadi semakin besar. Salah satu keruntuhan abutment disebabkan karena adanya beban tumbukan dari gelagar atas jembatan akibat gempa. Kegagalan abutment yang umunya terjadi ditunjukkan oleh adanya keretakan saat gempa pada abutment dan berpindahnya atau bergesernya abutment. Untuk menghindari kejadian tersebut, dibutuhkannya studi analisis dengan adanya beban gempa yang akan terjadi. Dalam studi analisis ini, abutment yang direncanakan berupa dinding parapet dari abutment. Studi analisis ini menggunakan program software ABAQUS CAE 6.14 student edition. Perilaku abutment yang akan dilihat dari hasil analisis ini berupa, tegangan-regangan, defleksi horizontal, pola retak dan momen lentur yang terjadi akibat beban gempa. Selain itu, hasil dari studi analisis ini akan dibandingkan dengan studi analisis abutment tanpa wing wall dan hasil studi eksperimental. Data material yang digunakan pada studi analisis ini merupakan data pendekatan terhadap hasil uji tekan beton yangdilakukan di labolatorium dengan kurva hognestad serta parameter damage lainnya dan true stress – true strain untuk uji tarik baja dari labolatorium. Pemberian wingwall pada sisi abutment memeberikan hasil yang cukup signifikan. Tegangan yang terjadi pada dinding parapet dengan lebih besar dibandingkan nilai tegangan yang dilakukan di labolatorium. Keretakan terbesar pada saat mencapai kapasistas maksimum parapet wall yaitu pada beban 3,5 ton dengan defleksi 8 cm. Beban yang bekerja pada studi analisis ini hanya berupa beban gempa yang dimodelkan secara statis dengan pemberian secara terus menerus hingga parapet itu runtuh atau sudah mencapai beban maksimumnya dan beban gravitasi, maka dari itu diperlukannya penilitian lebih lanjut dengan adanya perhitungan dari aspek – aspek lain yang mempengaruhi abutment.

English Abstract

Abutment is a lower bridge structure that has an important role from a bridge because the loads from the structure on the bridge are directly supported by abutments. When an earthquake occurs, the burden held by the abutment becomes even greater. One of the abutment collapses was caused by the collision load from the girder on the bridge due to the earthquake. Abutment failure that generally occurs is indicated by the presence of cracks during the earthquake on the abutment and the shift or shift of the abutment. To avoid this occurrence, the need for analysis studies with the earthquake load that will occur. In this analysis study, the planned abutment was a parapet wall from the abutment. This analysis study uses the ABAQUS CAE 6.14 student edition software program. The abutment behavior that will be seen from the results of this analysis are stress strain, horizontal deflection, crack patterns and bending moments that occur due to earthquake loads. In addition, the results of this analysis study will be compared with abutment analysis studies without wing walls and the results of experimental studies. The material data that used in this analysis study is the results of concrete compressive tests in the laboratory with hognestad curves, other damage parameters and true stress - true strains for steel tensile testing from laboratories. Giving wingwall on the abutment side gave significant results. The stress that occurs on the parapet wall is greater than the stress value carried out in the laboratory. The biggest crack when reaching the maximum capacity of the parapet wall is at a load of 3.5 tons with a deflection almost 9 cm. The load that works in this analysis study is only in the form of earthquake loads that are statically modeled by giving continuously until the parapet collapses or has reached its maximum load and gravitational load, therefore further research is needed with calculations from other aspects that affect abutment.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1251/051901871
Uncontrolled Keywords: Abutment, Parapet, Gempa, Tegangan, Regangan, Pola retak, Defleksi, Momen Lentur Abutment, Parapet, Earthquake, Voltage, Strain, Crack Pattern, Deflection, Bending Moment
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction > 624.16 Supporting structures other than foundations
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jun 2019 06:19
Last Modified: 17 Jun 2019 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167125
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item