Muzacki, Ilham Febi (2018) Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peranan website bagi sebuah instansi pemerintahan saat ini sudah menjadi salah satu bagian penting bagi suatu instansi tersebut, termasuk juga bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Namun sejak awal dipublikasikan yaitu pada tahun 2016 website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan belum pernah dilakukan evaluasi website sehingga pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan tidak tahu bagaimana kualitas website tersebut. Penelitian ini menganalisis dan mengukur kualitas layanan website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan berdasarkan sudut pandang pengguna. Data pengguna didapatkan dengan penyebaran kuesioner berdasarkan 3 dimensi pada webqual 4.0 yaitu dimensi usability, information dan service interaction. Kemudian hasil dari kuesioner tersebut dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan tidak sesuai dengan harapan pengguna dengan hasil analisis kesesuain sebesar 95.79% atau <100% dan rata-rata hasil analisis kesenjangan sebesar -0.13 atau < 0. Prioritas perbaikan pada website ini terdapat pada atribut nomer 14 (Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan memberikan informasi yang detail) dan 20 (Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan memudahkan untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola) yang merupakan atribut pada kuadran A. Rekomendasi yang diberikan adalah perbaikan pada atribut di kuadran A.
English Abstract
The role of the website for a governmental institution nowadays has become an important part of its institution, including the Pasuruan Regency Culture and Tourism Department. However, the website of the Culture and Tourism Department of Pasuruan Regency has never been evaluated since it is officially published on 2016, so that the Pasuruan Regency Culture and Tourism Department does not know the quality of its website. This study analyzed and measured the service quality of the Pasuruan Regency Culture and Tourism Office's websiter based on the user's point of view. User data is obtained by distributing questionnaires based on 3 dimensions in webqual 4.0, namely usability dimensions, information and service interaction. Then, the results of the questionnaire were analyzed using the Importance Performance Analysis (IPA) method. The results of the analysis showed that the website of the Culture and Tourism Office of Pasuruan Regency is not in line with the expectations of users with the results of conformity analysis of 95.79% or <100% and the average analysis of the gap is -0.13 or <0. Priority improvements on this website were in the attribute of number 14 (website of the Culture and Tourism Department of Pasuruan Regency has provide detailed information) and 20 (website of the Culture and Tourism Department of Pasuruan Regency make it easy to communicate with the officer) which are attribute of quadrant A. Recommendations are given is an improvement on the attribute in quadrant A.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/1019/051900811 |
Uncontrolled Keywords: | Website, Webqual, Importance Performance Analysis (IPA), Kualitas./ Website, Webqual, Importance Performance Analysis (IPA), Quality. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 03:22 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 02:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167110 |
![]() |
Text
Ilham Febi Muzacki.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |