Putra, Muhammad Yudha Yusi (2018) Peningkatan Pengalaman Terhadap Pengguna Aplikasi Katalog Frame Kacamata Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kacamata pada jaman sekarang disebut juga sebagai Eye Wear yaitu kacamata menambah estetika pemakai dan jika kacamata yang dibeli pada toko online ternyata tidak sesuai dengan apa yang di bayangkan oleh pembeli karena tidak dapat mencoba kacamata tersebut terlebih dahulu jelas akan menurunkan tingkat kepuasan pembeli itu sendiri, sehingga membuat para pembeli kembali kepada model lama yakni datang langsung ke optik terdekat yang menghabiskan waktu, tenaga dan belum tentu model yang diinginkan tersedia. Dengan memanfaatkan smartphone android dengan teknologi augmented reality pada katalog frame kacamata, calon pembeli dapat berinteraksi dengan mencoba kacamata yang diinginkan kapanpun dan dimanapun sehingga memudahkan konsumen dalam memilih frame yang cocok secara real-time dengan harapan meningkatkan kepuasan pengguna dalam belanja kacamata dan menggunakan aplikasi katalaog frame kacamata. Maka dibuatlah aplikasi katalaog frame kacamata dengan teknologi augmented reality menggunakan software unity dan membandingkan tingkat pengalaman pengguna menggunakan metode user experience questionnaire yang berfokus pada kategori hedonic qualiaty dengan aplikasi katalog frame kacamata yang sebelumnya tidak menggunakan teknologi augmented reality yaitu optik melawai. Setelah dilakukan penelitian hasil yang didapatkan adalah pengalaman pengguna mengalami peningkatan dari nilai 0,688 menjadi 1,513 setelah dilakukan analisis dan pengujian user experience questionairre pada kategori hedonic quality setelah aplikasi katalog frame kacamata ditambahkan teknologi augmented reality.
English Abstract
At this time glasses is also called as Eye Wear which is glasses enhances the aesthetic of it’s wearer and if the glasses that was bought from online shop wasn’t as buyer expected because the buyer couldn’t try it first surely it will decrease the buyer satisfaction , in turn they will be back to the old way of buying glasses which is directly go to the nearest optical glasses shop that is surely time and energy wasting, also the desired glasses model was not necessarily available. By utilizing the android smartphone with technology of augmented reality in glasses catalog, the buyer can directly interact with the desired glasses whenever and wherever they please which in turn will simplify the consumer in choosing the right glasses in real-time with the purpose of increasing the user experience at shopping and using the glasses catalog app. So the glasses catalog app was made with augmented reality technology using unity software and comparing the user experience with already deployed augmented reality-less app optik melawai using user experience questionnaire method with focused on hedonic quality aspect. The result which was found in the research was user experience that used the glasses catalog app with augmented technology was increased from value of 0,688 to 1,513 after the app was analyzed and tested by using user experience questionairre in hedonic in hedonic quality category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/883/051900234 |
Uncontrolled Keywords: | augmented reality, pengalaman pengguna, kacamata-augmented reality, users experience, glasses |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 14:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 08:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167073 |
Preview |
Text
Muhammad Yudha Yusi Putra.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |