Hartawan, Setiadi (2018) Pengaruh Ekolabel, Performa Kemasan, Dan Sikap Kepedulian Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Dalam Kemasan Berlabel Forest Stewardship Council (Fsc). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pentingnya kelestarian dan isu-isu lingkungan menjadi tanggung jawab bagi pihak produsen dan konsumen produk pangan untuk terlibat di dalamnya. Salah satu upaya menanggulangi masalah lingkungan yang saat ini gencar dilakukan oleh sebagian perusahaan terutama produk minuman dalam kemasan adalah mengemas produknya dengan green pack atau kemasan ramah lingkungan yang berlabel Forest Stewardship Council (FSC), yang akan menjamin kemasan diolah dari hasil hutan secara legal dan bertanggungjawab. Penelitian ini akan mengkaji secara empiris pengaruh pengetahuan konsumen terhadap ekolabel, performa atau tampilan kemasan berlabel FSC, serta sikap kepedulian lingkungan yang dimiliki konsumen terhadap minat beli, serta hubungan antara minat beli dan keputusan pembelian konsumen terhadap minuman dalam kemasan tetrapack berlabel FSC. Variabel laten eksogen yang digunakan pada penelitian ini adalah Ekolabel (X1), Performa Kemasan (X2), dan Sikap Kepedulian Lingkungan (X3). Variabel laten endogen yang digunakan adalah Minat Beli (Y1) dan Keputusan Pembelian (Y2). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen di Kota Malang yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk minuman dalam kemasan tetrapack/karton berlabel FSC, sementara sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sejumlah 146 konsumen produk minuman dalam kemasan berlabel FSC di Kota Malang. Analisis deskriptif data dilakukan menggunakan software SPSS Statistics 20.0, sedangkan analisis inferensial menggunakan WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen tentang ekolabel, performa kemasan berlabel FSC pada minuman yang terdiri dari tampilan grafis (warna, gambar, tulisan) pada kemasan, informasi ramah lingkungan pada kemasan, tampilan struktural (bentuk dan bahan pembuat kemasan), nilai lebih yang dimiliki kemasan berlabel FSC, dan sikap kepedulian lingkungan dengan nilai koefisien jalur secara berurutan sebesar 0.51; 0,24; 0,24; viii dan 0,79; dan semua nilai P value <0,01, akan meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk minuman dalam kemasan berlabel FSC. Minat beli konsumen yang meningkat berpengaruh pada meningkatnya keputusan pembelian produk minuman dalam kemasan bersertifikasi FSC.
English Abstract
The importance of sustainability and environmental issues are the responsibility of food product’s producers and consumers to be involved. One effort to reduce environmental problems currently being carried out by some companies, especially bottled beverage products, is to package their products with green packs or Forest Stewardship Council (FSC) labeled packaging, which will guarantee legal and responsible packaging processed from forest products. This study will empirically examine the effect of consumer knowledge on ecolabel, performance or display of FSC-labeled packaging, and consumers’ environmental concern towards purchase intention and consumer’ purchasing decisions for FSC-labeled beverage products in tetrapack. Exogenous latent variables used in this study were Eco-label (X1), Packaging Performance (X2), and Environmental Concern (X3). Endogenous latent variables used are Purchase Intention (Y1) and Purchase Decision (Y2). Population of this research is all consumers in Malang City who have bought and consumed FSC-labeled beverage products in tetrapack, samples used in this study are 146 consumers of beverage products in FSC labeled pack at Malang City. Descriptive data analysis is done using SPSS Statistics 20.0 software, and Inferential data analysis is done using WarpPLS 6.0. The results showed that consumer’s eco-label knowledge, the performance of FSC labeled pack beverage consisting of graphic displays (color, images, writing), environmentally friendly information on packaging, structural appearance (packaging form and packaging material), added value possessed FSC labeled packaging, and environmental awareness with sequential path coefficient values of 0.51; 0.24; 0.24; and 0.79; and P values <0.01, will increase x consumer purchase intention of FSC labeled pack beverage products. Increased consumer purchase intention has an effect on increasing purchase decisions for FSC labeled pack beverage products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/647/ 051901747 |
Uncontrolled Keywords: | Ekolabel, Forest Stewardship Council (FSC), Kemasan ramah lingkungan / Ekolabel, Forest Stewardship Council (FSC), Environmentally friendly pack |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.564 Packaging |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 03:26 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 07:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167040 |
![]() |
Text
Setiadi Hartawan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |