Analisis Pengendalian Kualitas Buah Jambu Kristal Di UD. Bumiaji Sejahterakota Batu, Jawa Timur

Santosa, Fandi Febrian Dirgantara (2018) Analisis Pengendalian Kualitas Buah Jambu Kristal Di UD. Bumiaji Sejahterakota Batu, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan dalam bidang bisnis saat ini semakin ketat di Indonesia, ditandai dengan semakin banyaknya produk yang beredar dipasaran. Salah satu fenomena yang akan dihadapi oleh Indonesia adalah ASEAN Economic Comunity, atau yang biasa disebut dengan AEC. Menghadapi fenomena yang sedang terjadi ini, perusahaan harus dapat meningkatkan kualitas produknya. Perusahaan menciptakan suatu produk yang berkualitas tinggi agar dapat bersaing dengan produk lain ataupun produk pendatang baru. Jika suatu perusahaan tidak dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya, maka akan tertinggal oleh produk pesaing dan akan tergeser dengan produk sejenis di pasaran. Dalam upaya untuk dapat bersaing di tingkat dunia, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah segi kualitas produk (jambu kristal). Perusahaan yang menempatkan konsumen pada tingkat kepedulian yang tinggi akan melakukan pengendalian kualitas produknya. Kegiatan ini bertujuan agar produk semalik mendekati dengan keinginan konsumen produk tersebut. Salah satu produk holtikultura buah yang cukup diminati oleh masyarakat adalah buah jambu. Jambu banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Bisnis buah jambu memberikan peluang yang cukup besar dikarenakan harga jual yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan komoditas lainnya. Jambu dikenal juga sebagai buah yang menyehatkan karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Melihat persaingan yang ketat dalam usaha tersebut, peningkatan kualitas pada produk jambu kristal menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh UD. Bumiaji Sejahtera. Pengendalian kualitas perlu dilakukan untuk memberikan dampak positif terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini antara lain : (1) Menganalisis pengendalian kualitas produk buah jambu kristal di UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur. (2) Menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas produksi buah jambu kristal di UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur. (3) Menganalisis harapan konsumen terhadap buah jambu kristal di UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur. (4)Menganalisis bagaimana respon teknis perusahaan dalam atribut buah jambu kristal di UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur yang menjadi harapan konsumen. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara porposive, yaitu di UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur.Penelitian ini dilakukan pada mingu pertama bulan Juli hingga minggu kedua Agustus 2016. Responden dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu : pemilik dan karyawan UD. Bumiaji Sejahtera dan konsumen UD. Bumiaji Sejahtera. Penentuan responden untuk karyawan UD. Bumiaji Sejahtera dilakukan dengan menggunakan metode porposive, yaitu pemilik dan salah satu karyawan UD. Bumiaji Sejahtera. Penentuan responden untuk konsumen UD. Bumiaji Sejahtera dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling, yaitu memilih siapa saja yang secaraii kebetulan ada di tempat dan menjadi konsumen jambu kristal di UD. Bumiaji Sejahtera. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, analisis kuantitatif dalam pengendalian produk dengan metode Statistical Quality Control (SQC) dan Quality Function Deployment (QFD) tahap House Of Quality (HOQ) untuk mengetehui harapan konsumen terhadap jambu kristal di UD. Bumiaji Sejahtera. Hasil penelitian menunjukkan, hasil uji validitas dan uji reabilitas pada seluruh atribut yang digunakan pada penelitian ini adalah valid dan reliabel sehingga bila dilakukan penelitian ulang, kuisioner menghasilkan data yang konsisten. Pengendalian kualitas yang dilakukan UD. Bumiaji Sejahtera khususnya untuk produk jambu kristal masih diluar batas kendali, dimana terdapat beberapa kerusakan pada proses produksinya. Bedasarkan alat bantu statistik (Statistical Quality Control) kerusakan yang terjadi adalah 364 kg dari total produksi kg 4000 kg. Berdasarkan waktu penelitian terdapat dua titik berada diluar garis batas kendali atas atau upper control limit (UCL), dan dua titik berada diluar garis batas kendali bawah atau lower control limit (LCL). Bedasarkan hasil analisa dengan diagram pareto, jenis kerusakan yang sering terjadi adalah buah busuk sebesar 211 kg dengan presentase 58%, cacat kulit sebesar 102 kg dengan presentase 28%, dan perbedaan ukuran sebesar 51 kg dengan presentase 14%. Bedasarkan hasil analisa dengan diagram sebab-akibat, faktor penyebab kerusakan jambu kristal yang diproduksi UD. Bumiaji Sejahtera adalah faktor bahan baku, metode, tenaga kerja, dan lingkungan. Dengan menggunakan rumah kualitas pada metode QFD, dapat diketahui atribut yang menjadi harapan utama konsumen adalah atribut rasa, harga, tampilan kulit, ukuran, warna, dan aroma. Rasa merupakan atribut yang menjadi harapan utama karena konsumen membeli poduk yang memiliki kualitas rasa yang terbaik, atribut selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan pendukung bagi konsumen. Sedangkan respon perusahaan dalam memenuhi harapan konsumen jambu kristal yang diperbaiki sesuai dengan prioritas adalah : a) panen tepat waktu, b) sortasi, c) pengunaan bahan baku berkualitas, d) cara budidaya yang tepat, e) penyesuaian harga, dan f) cuaca.

English Abstract

Competition in the business field is now increasingly tight in Indonesia, marked by the increasing number of products in the market. One phenomenon that will be faced by Indonesia is the ASEAN Economic Comunity, or commonly referred to as AEC. Facing this phenomenon, companies must be able to improve the quality of their products. The company creates a high quality product in order to compete with other products or newcomer products. If a company cannot continue to maintain and improve the quality of its products, it will be left behind by competing products and will be displaced by similar products on the market. In an effort to compete at the world level, one of the things that needs to be considered is the quality of the product (crystal guava). Companies that place consumers at a high level of concern will control the quality of their products. This activity aims to make semalik products close to the consumers' desires for the product. One of the fruit horticulture products that is in great demand by the community is guava fruit. Guava is in great demand by the public because it has many benefits contained therein. The guava fruit business provides considerable opportunities because the selling price is relatively higher compared to other commodities. Guava is also known as a healthy fruit because it contains many vitamins and minerals needed by the body. Seeing the fierce competition in the business, improving the quality of crystal guava products is a matter of great concern by UD. Bumiaji Sejahtera. Quality control needs to be done to have a positive impact on the products produced by the company. The purposes of this study include: (1) Analyzing the quality control of crystal guava fruit products at UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, East Java. (2) Analyzing what factors affect the quality of production of crystal guava fruit at UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, East Java. (3) Analyzing consumer expectations for crystal guava fruit at UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, East Java. (4) Analyzing how the company's technical response in the attributes of crystal guava fruit in UD. Bumiaji Sejahtera, Batu City, East Java, which is the expectation of consumers. The method of determining the location of the research was done porposively, namely at UD. Bumiaji Sejahtera Kota Batu, East Java. This study was conducted in the first week of July to the second week of August 2016. Respondents from this study consisted of two groups, namely: UD owners and employees. Bumiaji Sejahtera and UD customers. Bumiaji Sejahtera. Respondent determination for UD employees. Bumiaji Sejahtera is done using the porposive method, which is the owner and one of the UD employees. Bumiaji Sejahtera. Determination of respondents for consumers UD. Bumiaji Sejahtera is done using the accidental sampling method, which is to choose anyone who happens to be in a place and become a consumer of crystal guava at UD. Bumiaji Sejahtera. The sample size in this study was 30 people. Data analysis method used in this research is descriptive analysis, validity test, reliability test, quantitative analysisiv in product control with Statistical Quality Control (SQC) and Quality Function Deployment (QFD) methods of House Of Quality (HOQ) stage to detect consumer expectations for crystal guava at UD. Bumiaji Sejahtera. The results showed that the results of the validity and reliability tests on all attributes used in this study were valid and reliable so that if re-research was carried out, the questionnaire produced consistent data. Quality control carried out by UD. Bumiaji Sejahtera especially for crystal guava products is still outside the control limit, where there is some damage to the production process. Based on statistical tools (Statistical Quality Control) the damage that occurred was 364 kg from the total production of 4000 kg kg. Based on the research time there are two points that are outside the upper control limit (UCL), and two points are outside the lower control limit (LCL). Based on the results of the analysis with Pareto diagram, the type of damage that often occurs is rotten fruit of 211 kg with a percentage of 58%, skin defects of 102 kg with a percentage of 28%, and a difference in size of 51 kg with a percentage of 14%. Based on the results of the analysis with a causal diagram, the factors causing damage to crystal guava produced by UD. Bumiaji Sejahtera is a factor of raw materials, methods, labor, and environment. By using home quality in the QFD method, it can be seen that the attributes that are the main expectations of consumers are the attributes of taste, price, appearance of skin, size, color, and aroma. Taste is an attribute that is the main hope because consumers buy products that have the best taste quality, the next attribute is used as a supporting consideration for consumers. While the company's response in meeting the expectations of consumers of improved crystal guava according to priorities are: a) timely harvest, b) sorting, c) use of quality raw materials, d) proper cultivation methods, e) price adjustments, and f)

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/993/051901914
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Kualitas Produk, Buah Jambu Kristal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.562 Quality control
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:26
Last Modified: 20 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167033
[thumbnail of FANDI FEBRIAN DIRGANTARA SANTOSA.pdf]
Preview
Text
FANDI FEBRIAN DIRGANTARA SANTOSA.pdf

Download (39MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item