Analisis Sistem Antrian Untuk Menentukan Tingkat Pelayanan Yang Optimal Pada Kasir Rumah Makan Kober Mie Setan Dengan Model Simulasi

Dori, Merinda Denok Nikita (2018) Analisis Sistem Antrian Untuk Menentukan Tingkat Pelayanan Yang Optimal Pada Kasir Rumah Makan Kober Mie Setan Dengan Model Simulasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada perkembangan industri saat ini, bisnis kuliner merupakan salah satu industri yang tetap bertumbuh. Hal tersebut dapat dilihat dengan semakin banyaknya bisnis kuliner yang terus berkembang di berbagai daerah khususnya di kota Lamongan. Tren makanan yang sedang disukai masyarakat saat ini adalah tren makanan pedas yang memiliki berbagai variasi menu dan juga memiliki kelezatan yang berbeda-beda yang dapat menarik daya beli konsumen untuk terus dapat menikmatinya. Antusias warga Lamongan terhadap menu makanan yang disajikan di Kober Mie Setan sangat tinggi membuat tidak pernah sepi oleh pengunjung, sehingga mengakibatkan antrian yang panjang pada fasilitas pelayanan khususnya antrian pada hari libur. Panjangnya antrian pada fasilitas pelayanan secara terus menerus dapat menimbulkan kejenuhan pada pelanggan. Lamanya waktu menunggu karena minimnya fasilitas pelayanan kasir akan mengakibatkan kejenuhan pada pelanggan sehingga dapat menimbulkan kehilangan pelanggan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik dan cepat. Tambahan fasilitas pelayanan kasir dapat diberikan sebagai solusi untuk mengurangi antrian atau menghindari antrian yang semakin panjang. Analisis sistem antrian dapat dilakukan dengan menggunakan metode simulasi menggunakan software ARENA versi 14.0. Metode simulasi dapat digunakan untuk memformulasikan dan memecahkan model-model dari golongan yang luas untuk membuat tiruan dari sistem nyata kedalam sistem buatan tanpa harus mengalami keadaan yang sesungguhnya, memberikan hasil terperinci dalam periode waktu tertentu dan lebih realistis terhadap sistem nyata. Data yang digunakan untuk menganalisis sistem antrian ini adalah data primer, yaitu berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan vi kasir, untuk pengukuran waktu dilakukan menggunakan stopwatch. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelanggan yang datang ke rumah makan Kober Mie Setan ini memiliki waktu antar kedatangan yaitu dari 1.12-1.48 menit. Kemudian rata-rata lama waktu yang dihabiskan pelanggan untuk mengantri berkisar antara 13.25 menit sampai 19.29 menit, rata-rata lama waktu kasir dalam melayani pelanggan menghabiskan waktu antara 1.19 menit sampai 1.55 menit. Berdasarkan dari hasil 3 skenario yang telah dirancang dan dijalankan dengan bantuan process analyzer pada software ARENA 14.0, maka dipilih skenario 2. Pada skenario 2 mengasumsikan bahwa terdapat penambahan 1 fasilitas pelayanan kasir. Maka model antrian yang cocok untuk rumah makan Kober Mie Setan Lamongan adalah (M/M/2);(FCFS/∞/∞) dengan sistem antrian Multichannel-Single Phase dimana terdapat dua jalur antrian dengan dua fasilitas pelayanan kasir.

English Abstract

In the current development of the industry, culinary business is one industry that continues to grow. This can be seen by the increasing number of culinary businesses that continue to grow in various regions, especially in the city in Lamongan. The food trend that people are currently enjoying is the trend of spicy food that has a variety of menus and also has different delights that can attract consumers' purchasing power to continue to enjoy it. The enthusiasm of the people of Lamongan for the food menu served at Kober Mie Setan is very high which makes it never empty by visitors, resulting in a long queue at service facilities especially the queue on holidays. The length of the queue at service facilities continuously can lead to customer saturation. The length of time to wait because of the lack of cashier service facilities will result in customer saturation so that it can cause loss of customers. One effort that can be done to maintain customers is to provide the best and fast service. Additional cashier service facilities can be provided as a solution to reduce the queue or avoid the longer queues. Queuing system analysis can be done using the simulation method using ARENA software version 14.0. The simulation methods can be used to formulate and solve models from broad groups to make imitations of real systems into artificial systems without having to experience the real situation, provide detailed results in a certain period of time and be more realistic about the real system. The data which is taken for this study is primary data, the data is arrival time and the service time of customor which are measure using a stopwatch. From the results of the study, it can be seen that the customers who come to the Kober Mie Satan restaurant have an interarrival time of 1.12-1.48 minutes. Then the average length of time customers spend queuing ranges from viii 13.25 minutes to 19.29 minutes, the average length of time the cashier in serving customers takes between 1.19 minutes to 1.55 minutes. Based on the results of 3 scenarios that have been designed and carried out with the help of a process analyzer in ARENA 14.0 software, scenario 2. is chosen. In scenario 2 it assumes that there are additional 1 cashier service facilities. Then the queuing model that is suitable for Kober restaurants Lamongan Satan Noodle is (M / M / 2); (FCFS / ∞ / ∞) with the Multichannel- Single Phase queue system where there are two queue lines with two cashier service facilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/639/ 051901739
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Sistem Antrian, Kober Mie Setan Lamongan / Simulation, Queuing System, Kober Mie Setan Lamongan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 647 Management of public households (institutional housekeeping) > 647.9 Specific kinds of public households and institutions > 647.95 Eating and drinking places > 647.950 113 Restaurants--Computer simulation
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Apr 2020 05:10
Last Modified: 22 Jun 2022 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167032
[thumbnail of Merinda Denok Nikita Dori.pdf] Text
Merinda Denok Nikita Dori.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item