Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI)

Ramadina, Febiko (2018) Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Unit Pengembangan Bahasa (UPB) adalah satu lembaga unit bisnis Universitas Brawijaya yang memiliki fungsi dibidang layanan Tes TOEFL. Dalam menjalankan proses bisnis terdapat beberapa kendala, seperti masih banyaknya proses yang dilakukan secara manual dan ada juga secara online sehingga membuat banyak kegiatan dengan tujuan sama yang dilakukan berulang, pelayanan yang kurang maksimal, aktivitas yang rumit membuat waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama. Oleh karena itu diperlukan adalah analisis dan evaluasi untuk mengatasi permasalahan tersebut serta dibutuhkan perbaikan proses bisnis agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi proses bisnis utama dan pendukung dari hasil identifikasi pada layanan tes TOEFL terdapat 5 sub proses bisnis utama, Failure Mode dan Effect Analysis (FMEA) sebagai metode untuk menganalisis akar permasalahan dan potensi terjadinya kegagalan dalam proses bisnis sebagai evaluasi proses bisnis. Metode Business Process Improvement (BPI) untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan proses bisnis. Kemudian akan dilakukan simulasi validasi dan time analysis untuk proses bisnis saat ini dan rekomendasi, dari 5 sub proses bisnis saat ini dan rekomendasi didapatkan peningkatan efektifitas waktu tertinggi pada proses bisnis pelaksanaan tes TOEFL adalah 72,32% dan peningkatan efektifitas waktu terendah pada proses bisnis pemberian hasil dan sertifikat tes TOEFL adalah 4,95%. Sehingga dapat disimpulakan proses bisnis rekomendasi dapat memperbaiki kinerja lebih baik.

English Abstract

Unit Pengembangan Bahasa (UPB) is an institution business unit of Universitas Brawijaya has a function in the field of the TOEFL Test. In carrying out the business process has several obstacles, like processes carried out manually and there are also online, making many activities with the same purpose repeated, services that are less than optimal, complicated activities make the time taken longer. Therefore, analysis and evaluation is needed to help and accelerate business processes in order to run more effectively and efficiently. This research begins with analysis business process primary and business process second of TOEFL test service, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) a method for analyzing the root causes and potential in business processes as a evaluation business process. Business Process Improvement (BPI) to get business process recommendations. Then there will be a simulation of validation and time analysis for current business processes (as is) and recommendations (To Be), the results of current business process analysis will be compared with business process recommendations. from the 5 current sub-business processes and recommendations found the highest time effectiveness in the business process of the TOEFL test implementation to 72.32% and the lowest time effectiveness in the business process results and TOEFL test certificates up to 4.95%. So that business processes can be concluded. recommendations can improve performance better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/993/051900796
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI)-Business process, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 650.028 5 Data Processing and Analysis of Business
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Apr 2020 23:13
Last Modified: 18 May 2022 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167023
[thumbnail of Febiko Ramadina.pdf] Text
Febiko Ramadina.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item