Evaluasi User Experience Menggunakan metode Mecue Questionnaire Pada Aplikasi Traveloka dan Pegipegi

Hadi, Ricco Anjasmara Putra Pratama (2018) Evaluasi User Experience Menggunakan metode Mecue Questionnaire Pada Aplikasi Traveloka dan Pegipegi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi ini pengguna telah dimudahkan dalam pembelian tiket transportasi. Pada bidang transportasi mulai muncul aplikasi yang mewadahi bidang tersebut untuk memudahkan layanan pada pengguna. Layanan yang ditawarkan dalam bidang transportasi salah satunya adalah aplikasi e-commerce tiket online. Aplikasi tersebut menerapkan layanan berbasis mobile yang disebut aplikasi mobile-ticketing (m-ticketing). Aplikasi mobile-ticketing merupakan suatu trobosan dari instansi transportasi maupun e-commerce untuk memudahkan pengguna dalam melakukan akses transaksi pembelian tiket tanpa harus datang ke tempat pelayanan tiket. Salah satu aplikasi berbasis mobile-ticketing yang muncul adalah aplikasi Traveloka dan Pegipegi. Dengan banyaknya pengguna yang tertarik untuk menggunakan mobile ticketing saat ini. Aplikasi yang menyediakan layanan tersebut dituntut untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna dari banyak aspek. Salah satu aspeknya adalah user experience, aspek user experience harus diperhatikan oleh pengembang sehingga dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi aplikasi dari Traveloka dan Pegipegi menggnakan metode kuesioner meCUE. Sebelum dilakukan pengujian tersebut kuesioner yang berasal dari bahasa jerman itu harus diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Dalam penelitian sebelumnya kuesioner ini telah dikembangkan dan divalidasi kedalam bahasa inggris oleh Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner. Agar mendapatkan hasil penerjemahan kuesioner meCUE kedalam bahasa indonesia yang valid, kuesioner ini diuji validitas dan reliabilitasnya oleh para ahli, penilaian ahli dan perhitungan uji validitas dan reliabilitas. Acauan yang digunakan adalah nilai r tabel yang akan dibandingkan dengan nilai r hitung untuk menentukan nilai validitas dari tiap pernyataan. Unutk pengujian reliabilitas nilai 0.70 dijadikan acuan dalam penelitian ini. Oleh karena itu apabila nilai alpha Cronbach <0.70 maka pernyataan pada kuesioner tersebut dinyatakan tidak reliabel. Setelah didiapatkan hasil yang valid dan reliabel, kuesioner disebarkan kepada 60 responden yang memenuhi kriteria, yaitu pernah menggunakan aplikasi Traveloka dan Pegipegi atau yang sering menggunakan kedua aplikasi tersebut. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata tertinggi untuk Traveloka adalah 5,90 (usefulness), dan nilai rata-rata terendah 2,49 (negative emotions), pada aplikasi Pegipegi nilai rata-rata tertinggi adalah 5,08 (usefulness), dan nilai rata-rata terendah 2,48 (negative emotions). Rata–rata untuk nilai keseluruhan adalah 5,8 untuk Traveloka dan 4,5 untuk Pegipegi.

English Abstract

In this globalization era, users have been facilitated in purchasing transportation tickets. In the field of transportation applications began to emerge that accommodate these fields to facilitate service to users. Services offered in the field of transportation, one of which is an online e-commerce ticket application. The application implements a mobile-based service called the mobile-ticketing (mticketing) application. The mobile-ticketing application is a breakthrough from transportation agencies and e-commerce to make it easier for users to access ticket purchase transactions without having to come to the ticket service. One of the emerging mobile-ticketing based applications is the Traveloka and Pegipegi applications. With many users interested in using mobile ticketing at this time. Applications that provide these services are required to provide the best service to users from many aspects. One aspect is the user experience, the user experience aspect must be considered by the developer so that it can provide a good experience to the user. The purpose of this study was to evaluate the application of Traveloka and Pegipegi using the meCUE questionnaire method. Before the test, the questionnaire originating from the German language must be translated into Indonesian. In previous studies this questionnaire was developed and validated into English by Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner. In order to obtain valid translation results of the meCUE questionnaire into Indonesian, this questionnaire was tested for validity and reliability by experts, expert judgment and validity and reliability test calculations. The reference used is the r table value which will be compared with the r value calculated to determine the validity value of each statement. For reliability testing the value of 0.70 was used as a reference in this study. Therefore if the Cronbach alpha value is <0.70, the statement on the questionnaire is declared unreliable. After obtaining valid and reliable results, the questionnaire was distributed to 60 respondents who met the criteria, namely having used Traveloka and Pegipegi applications or who often used both applications. This study produced the highest average value for Traveloka is 5.90 (usefulness), and the lowest average value of 2.49 (negative emotions), in the Pegipegi application the highest average value was 5.08 (usefulness), and the value the lowest average of 2.48 (negative emotions). The average for the overall score is 5.8 for Traveloka and 4.5 for Pegipegi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/927/051900581
Uncontrolled Keywords: user experience, aplikasi Traveloka, aplikasi Pegipegi, kuesioner meCUE, uji validitas dan reliabilitas-user experience, Traveloka, Pegipegi applications, mecCUE questionnaire, validaty an reliability testing
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel > 910.4 Account of travel and facilities for travelers > 910.46 facilities for travelers > 910.460 285 Computer applications
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Apr 2020 08:41
Last Modified: 18 May 2022 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166952
[thumbnail of Ricco Anjasmara Putra Pratama Hadi.pdf] Text
Ricco Anjasmara Putra Pratama Hadi.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item