Penyamaan Persepsi Peserta Didik Pada Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Film Buta Ga Ita Kyoushitsu Karya Sutradara Tetsu Maeda

Tilolango, Sitti Ayusdianti (2018) Penyamaan Persepsi Peserta Didik Pada Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Film Buta Ga Ita Kyoushitsu Karya Sutradara Tetsu Maeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi pembelajaran inkuiri merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memicu keingintahuan peserta didik sehingga perkembangan individu dalam keterampilan interpersonal dan pola berpikir yang kritis akan timbul dalam proses pembelajaran. Pola pikir kritis menimbulkan perbedaan persepsi pada peserta didik sehingga diperlukan tindakan penyamaan persepsi oleh pendidik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengadakan studi tentang penyamaan persepsi peserta didik pada strategi pembelajaran inkuiri dalam film Buta Ga Ita Kyoushitsu karya sutradara Tetsu Maeda yang menceritakan tentang Hoshi-Sensei, guru sekolah dasar yang berusaha memberikan pemahaman mengenai rantai makanan kepada siswa kelas 6 Yuuhigaoka. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membahas 2 fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana karakteristik pembelajaran inkuiri yang tergambar pada strategi pembelajaran yang diterapkan oleh tokoh Hoshi sensei dalam film Buta ga ita Kyoushitsu, 2) Upaya Hoshi sensei sebagai pendidik terhadap penyamaan persepsi peserta didik guna mencapai tujuan akhir pembelajaran dalam film Buta ga ita Kyoushitsu. Teori yang peneliti jadikan acuan adalah 1) Trianto Ibnu Badar al-Tabany, Abdul Majid, Lang dan Evans, Muhammad Fathurrohman, Saskatchewan Educational mengenai karakteristik pembelajaran inkuiri dan 2) Arina Restian dan William E. Glassman mengenai proses penyamaan persepsi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data observasi. Hasil studi menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh Hoshi-sensei merupakan pembelajaran inkuiri yang mengutamakan aktivitas siswa secara maksimal dengan binaan guru sebagai fasilitator dan konselor. 2) Upaya penyamaan persepsi oleh Hoshi-Sensei antara lain adalah disampaikan juga tujuan-tujuan dari mempelajari materi tersebut, ketika menjelaskan secara lisan, gunakan suara yang jelas dan keras, siswa hendaknya diberikan waktu untuk mengenali lebih dekat alat peraga, adakan proses diskusi atau tanya jawab, guru mampu menguasai kelas dalam bentuk kemampuan melakukan gerak dan perpindahan tempat dengan baik.

Other obstract

探求型学習は、学習プロセスにおいて対人関係スキルや批判的思考パターンの個々の発達が生じるように、学生の好奇心を引き起こす学習方法のひとつである。批判的思考は学習目標が達成されるように、教育者による認識を同一視する行動を取るように、学生の認識の違いを生じさせる。この背景に基づき、「ブタがいた教室」という映画を中心に探求型学習の認識の同一化についての研究が行われた。この映画は星先生が夕陽丘小学校の6年生達に食物連鎖について教えることが描かれる。本研究の目的は1.) 星先生による探求型学習の特性を調べる。2.) 学習目標が達成するための認識の同一化する方法を調べる。 本研究ではアル・タバニによる探求型学習の特性理論とレスティアンによる学習活動における認識の同一化理論が使用された。本研究では、定性的方法が使用され、研究のデータが観測で収集された。 本研究の結果から星先生による探究型学習は1.) 教師がファシリテーターとカウンセラーとして学生の学習活動を優先し指導することが判明された。2.) 星先生による認識の同一化する方法は勉強の目標を伝えること、口頭で説明すること、大きな声で伝えること、学生が小道具を認識する時間を与えること、対談と問い合わせを行うこと、教師がうまく移動し、クラスを指導できることが判明された。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/483/051900063
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Penyamaan Persepsi, Film Jepang
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:03
Last Modified: 18 May 2022 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166920
[thumbnail of Sitti Ayusdianti Tilolango.pdf] Text
Sitti Ayusdianti Tilolango.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item