Pengaruh Metode Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Motivasi Belajar Pada Tokoh Sayaka Kudo Pada Film Birigyaru (Flying Colors) Karya Sutradara Nobuhiro Doi

Putra, Ary Angkasa (2018) Pengaruh Metode Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Motivasi Belajar Pada Tokoh Sayaka Kudo Pada Film Birigyaru (Flying Colors) Karya Sutradara Nobuhiro Doi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode CTL merupakan salah satu metode pembelajaran alternatif yang dapat digunakan oleh pengajar di dalam kegiatan belajar mengajar. Metode CTL ini dapat menghubungkan kegiatan nyata yang dialami oleh siswa dengan pelajaran yang diterima oleh siswa dari pengajar dan sebaliknya juga pengajar harus dapat mengaitkan pelajaran yang diajarkannya ke dalam kegiatan nyata yang dilakukan siswanya. Metode ini dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengadakan studi tentang pengaruh metode contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar pada tokoh Sayaka Kudo pada film Birigyaru (Flying Colours) karya sutradara Nobuhiro Doi yang menceritakan tentang sosok guru yang bernama Tsubota-sensei dapat membuat Sayaka berubah yang sebelumnya dari tidak memiliki motivasi belajar menjadi memiliki motivasi belajar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membahas 3 fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tokoh Tsubota-sensei pada film Birigyaru (Flying Colours), 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada tokoh Sayaka pada film Birigyaru (Flying Colours), 3) Pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar pada tokoh Sayaka pada film Birigyaru (Flying Colours). Teori yang peneliti jadikan acuan adalah 1) Teori Jumantah, DEPDIKNAS, Slavin, dan Trianto mengenai metode CTL, 2) Teori Abdul Majidmengenai faktor-faktor motivasi belajar dan 3) Teori Jumantah, Trianto, dan Abdul Majid mengenai pengaruh metode CTL terhadap motivasi belajar Sayaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data observasi. Hasil studi menunjukkan bahwa : 1) Metode pembalajaran CTL yang diterapkan oleh Tsubota-sensei meliputi pembelajaran bermakna, berpikir kritis dan kreatif, standar pencapaian yang tinggi, mengembangkan potensi individu, dan penilaian autentik. 2) Faktor-faktor motivasi belajar meliputi motivasi internal dan motivasi eksternalnya. 3) Metode CTL yang ditemukan memberi pengaruh menerapkan pelajaran yang diterima, memiliki pemikiran kritis dan kreatif, berani menetapkan standar yang tinggi, terjadi peningkatan terhadap semangat belajar, dan ada peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil tes.

Other obstract

CTL という学習方法は、教師や学習活動において教師が使用できる代替学習方法 のひとつである。CTL 学習方法は、生徒が経験した実際の活動と、生徒が受講し たレッスンを教師から、またその逆に接続することもできる。また、教師は教え たレッスンを生徒の実際の活動に関連付けることができる。この方法は、学生の 学習意欲を高め、教授活動に興味を持たせることができる。その背景により、研 究者は信弘どい作品のビリギャルの九度さやかにおけるCTL という学習方法によ る学習意欲への影響についての研究が行われた。この映画は、坪田先生が九度さ やかの学習意欲に変化を与えるという話だ。本研究の目的は三つに分かれ、1)坪 田先生によるCTL 学習方法の応用 2) さやかによる学習意欲に影響する要因 3) さ やかによるCTL 学習法が学習意欲に与える影響。 使った前の研究は、一つ, Jumantah, DEPDIKNAS, Slavin, Trianto のCTL の方法。二つは Abdul Majid の学習意欲の要因。三つ、Jumantah, Trianto, Absul Majid のさやかの学 習意欲に及ぼすCTL 法の影響。本研究は定性的な研究方法を使用し、観測による データが収集された。 本研究の結果は1) 坪田先生が適用したCTL 学習方法には、意味のある学習、ク リティカルで創造的な思考、高い達成基準、個々の潜在的な開発、そして本物の 評価が含まれる。2) 学習意欲の要因には、内部のモチベーションと外部のモチベ ーションで構成される。3) CTL 学習方法は、受けたレッスンの適用に影響を与え、 クリティカルで創造的な考え方を持ち、高い基準を設定し、学習の精神を高め、 テストの結果が大幅に増加する影響があるということが分かった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/482/051900062
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Metode CTL, Motivasi Belajar, Film Jepang
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:14
Last Modified: 20 Jun 2022 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166915
[thumbnail of Ary  Angkasa Putra.pdf] Text
Ary Angkasa Putra.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item