Pengembangan Aplikasi Web Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dengan Model Prototyping

Latuconsina, Erfina (2018) Pengembangan Aplikasi Web Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dengan Model Prototyping. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan sebuah desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa, guna meningkatkan kesejahteraan dapat dilakukan dengan cara pemenuhan kebutuhan dasar, melakukan pembangunan sarana dan prasarana desa, serta mengembangkan potensi ekonomi lokal. Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, suatu desa mempunyai hak untuk memperoleh bagian dari dana keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh kabupaten yang disebut sebagai Alokasi Dana Desa (ADD) yang disalurkan melalui Kas Desa / rekening Desa. Namun terkadang pemerintah kurang mendapatkan info mengenai bagaimana manajemen keuangan pada suatu desa dan pemakaian dana dengan laporan keuangan tidak sesuai sehingga membuat bingung pengawas keuangan pada kantor pemerintahan. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mempermudah proses pengawasan penggunaan alokasi dana desa, dengan dibangun suatu sistem pelaporan berbasis web untuk pengawasan keuangan mempermudah dalam melakukan pengawasan alokasi dana desa, karena semua laporan keuangan, laporan pemakaian dana dan kegiatan desa akan diinputkan ke website pengawasan alokasi dana desa dan dapat langsung dicek oleh pengawas keuangan. Penelitian ini menggunakan model prototyping sebagai model pengembangan perangkat lunak, dan menggunakan framework bootstrap, serta menggunakan jquery dan javascript dalam pembuatan tampilan sistem yang interaktif. Pada tahap pengujian digunakan pengujian fungsional white box dan black box serta pengujian non fungsional yaitu compactibility testing. Dari hasil pengujian terhadap fungsional yang ada pada sistem diperoleh bahwa 45 fungsionalitas yang ada pada sistem memperoleh hasil 100 % valid atau tidak ada kesalahan pada sistem. Dan hasil dari pengujian non fungsional diperoleh hasil bahwa sistem dapat dijalankan pada dua browser yang berbeda yaitu pada google chrome dan Mozilla firefox.

English Abstract

The development of a village is done to improve the welfare and quality of life of the village community, in order to improve welfare, it can be done by fulfilling basic needs, developing village facilities and infrastructure, and developing local economic potential. In order to improve the service and welfare of the community, a village has the right to obtain a portion of the central and regional financial funds received by the district which is referred to as the Village Fund Allocation (ADD) which is channeled through Village Treasury / Village accounts. But sometimes the government does not get information about how financial management in a village and the use of funds with financial statements are not appropriate, confusing financial supervisors at government offices. Therefore this research was carried out with the aim of facilitating the supervision process of the use of village fund allocation, with a web-based reporting system for financial supervision being built facilitating supervision of village fund allocations, because all financial reports, fund usage reports and village activities will be entered into the website supervision of village fund allocation and can be directly checked by the financial supervisor. This study uses a prototyping model as a software development model, and uses a bootstrap framework, and uses jquery and javascript in making interactive display systems. At the testing stage used functional white box and black box testing and non-functional testing, namely compactibility testing. From the results of testing on the functional that is on the system, it is obtained that 45 existing functionality on the system get 100% valid results or there are no errors in the system. And the results of non-functional testing showed that the system can be run on two different browsers, namely on Google Chrome and Mozilla Firefox.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/903/051900254
Uncontrolled Keywords: Alokasi Dana Desa, Prototyping, bootstrap.-village fund allocation, prototyping, bootstrap.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.002 85 Public finance (Computer applications)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 May 2019 01:17
Last Modified: 18 May 2022 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166894
[thumbnail of Erfina Latuconsina.pdf] Text
Erfina Latuconsina.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item