Analisis kemampuan dan sikap petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka (Service Affect) di Layanan Referensi Perpustakan Universitas Brawijaya

Nadzifah, Manzilatus Shokhfatin (2018) Analisis kemampuan dan sikap petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka (Service Affect) di Layanan Referensi Perpustakan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian dari institusi publik yang mempunyai fungsi utama untuk melayani pemustaka dalam bidang penyedia informasi dan dokumentasi secara mudah, aktual, dan terpercaya. Terdapat berbagai macam layanan dalam sebuah perpustakaan, salah satunya adalah layanan referensi. Layanan referensi termasuk dalam jenis layanan pengguna yang merupakan salah satu indikator utama keberhasilan dari sebuah perpustakaan Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana analisis kemampuan dan sikap petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka (Service Affect) di layanan Referensi Perpustakaan Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis dekriptif. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan salah satu aspek penilaian kualitas layanan jasa LIBQUAL,yaitu service affect yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis peneliti terhadap kemampuan dan sikap petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka, dapat disimpulkan bahwa aspek tertinggi dari masing-masing dimensi Service Affect adalah aspek empati (empathy) dengan bobot sebesar (3,80), sedangkan aspek terendah terdapat pada aspek daya tanggap (responsiveness) dengan bobot sebesar (3,63). Hal ini tentu dapat menjadi catatan dan dasar pengambilan keputusan terhadap peningkatan kualitas layanan khususnya pada layanan referensi di perpustakaan Universitas Brawijaya.

English Abstract

The library is part of the community ownedmain function to serve users in the field of information providers andeasy, actual, and reliable documentation. There are various kindsservices in a library, one of which is reference service.Reference services are included in the type of user service which is wrongone main indicator of the success of a library. The purpose of this study is to learn how to analyze the abilities and attitudes of librarians in serving users (Influence of Services) in the UB Library Reference service. This study uses descriptive quantitative research with descriptive analysis techniques. LIBQUAL, that is service influencing which then performs descriptive analysis. Based on the results of research and analysis of the ability and assessment of librarians in serving users, it can be concluded that the highest aspects of each dimension of Affecting Services are aspects of empathy (empathy) with a weight of (3.80), while resources are offered in the power aspect responsiveness with a weight of (3.63). This of course can be a note and a basis for decision making on improving the quality of special services in reference services in the UB library.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1223/051901846
Uncontrolled Keywords: -Perpustakaan UB
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:00
Last Modified: 17 May 2022 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166874
[thumbnail of Manzilatus Shokhfatin Nadzifah.pdf] Text
Manzilatus Shokhfatin Nadzifah.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item