Pratama, Muhammad Raka (2018) Strategi Dinas Tenaga Kerja dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Pasuruan melalui Program Bursa Kerja (Studi Kasus pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permasalahan yang dihadapi Tingkat Pengangguran Terbuka terhadap proses penempatan tenaga kerja dalam pasar kerja di Kabupaten Pasuruan, tidak hanya pada sisi eksternal/lingkungan angkatan kerja namun juga pada internal kualifikasi pada calon tenaga kerja yang terdaftar, atau dapat dikarenakan tidak terjalinnya komunikasi yang optimal antara angkatan kerja baru dengan pasar kerja yang tersedia dan informasi kualifikasi yang transparan melalui Dinas Tenaga Kerja. Di samping itu, persentase jumlah angkatan kerja yang terus meningkat pada setiap periode, dapat menimbulkan penumpukan jumlah angkatan kerja yang belum memperoleh pekerjaan, atau dengan kata lain, angka pengangguran akan terus bertambah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dibatasi oleh lima fokus penelitian, yaitu (1) Penyedia layanan program; (2) Jenis Layanan; (3) Pengendalian dan pelaporan; (4) Sasaran dan manfaat program; (5) faktor pendorong dan faktor penghambat. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan empat tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Informasi Pasar Kerja Online dan HelloWork Pasuruan adalah sebuah usaha yang dilakukan seluruh elemen dinas terkait dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kabupaten Pasuruan, berbasis pendayagunaan tenaga kerja melalui pengendalian tambahan angkatan kerja baru, penciptaan kesempatan kerja sektoral, perencanaan pelatihan tenaga kerja, penempatan tenaga kerja, serta hubungan industrial dengan perusahaan tertentu. Dari hasil penelitian, terdapat beberapa saran yang dapat diberikan oleh penulis yaitu dalam meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia pada para pencari kerja yang menggunakan layanan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan, pelayanan harus lebih tanggap dan prima, sosialisasi yang lebih intensif dan menyeluruh pada setiap daerah, pembenahan pada pengenalan dan pemberian pengajaran tambahan mengenai tata guna Informasi Pasar Kerja Online dan HelloWork Pasuruan agar masyarakat secara luas dapat menggunakan layanan bursa kerja ini secara lebih maksimal dan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan sarana terkait.
English Abstract
Problems that faced by the Open Unemployment Rate towards the process of labor placement in the labor market in Pasuruan Regency, not only on the external / labor force environment but also in the internal qualifications of prospective registered workers, or can be due to the lack of optimal communication between the workforce new job market available and transparent qualification information through the Department of Labor itself. In addition, the percentage of the workforce that continues to increase in each period can lead to a buildup of the workforce that has not yet gotten a job, or in other words, the unemployment rate will continue to increase.. This study uses qualitative research with a descriptive approach that is limited by five research focuses, namely (1) program service providers; (2) Types of Services; (3) Control and reporting; (4) Program objectives and benefits; (5) driving factors and inhibiting factors. The data analysis method used is interactive model data analysis of Miles, Huberman, and Saldana with four stages, namely the stages of data collection, data condensation, data presentation, and conclusion drawing or verification. The results showed that the Online Work Market Information and HelloWork Pasuruan was an effort carried out by all elements of the relevant agency in reducing the unemployment rate in Pasuruan Regency, based on the utilization of labor through additional control of the new workforce, the creation of sectoral employment opportunities, planning of labor training , placement of labor, and industrial relations with certain companies. From the results of the study, there are several suggestions that can be given by the author, namely in improving the qualifications of human resources for job seekers who use the service of the Pasuruan Regency Department of Labor, services must be more responsive and excellent, more intensive and thorough socialization in each region, improvement on the introduction and provision of additional teaching on the use of Online Work Market Information and HelloWork Pasuruan so that the wider community can use this job fair service more optimally and can be useful for those who need related facilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/1219/051901842 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pelayanan, Program, Tenaga Kerja, Pengangguran-Strategy, Service, Program, Labor, Unemployment |
Subjects: | 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.9 Public administration of labor and professions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 08:14 |
Last Modified: | 17 May 2022 07:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166857 |
![]() |
Text
Muhammad Raka Pratama.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |