Azis, Malik Abdul (2018) Evaluasi Dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembuatan aplikasi e-Complaint menjadi salah satu pendukung terlaksananya Open Government Indonesia. Usability menjadi salah satu aspek penting pengukuran kualitas aplikasi. Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya evaluasi terhadap antarmuka e-Complaint supaya masyarakat dapat dengan nyaman menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dua aplikasi e-Complaint yaitu LAPOR! dan Qlue, dan membuat rancangan aplikasi e- Complaint yang baru berdasarkan hasil evaluasi kedua aplikasi di awal penelitian. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pengujian usability yang di dukung dengan kuesioner USE yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Masing-masing parameter memiliki beberapa pernyataan yang akan diberikan kepada pengguna untuk menilai tingkat usability aplikasi. Penyusunan kerangka perbaikan pada penelitian ini menggunakan Human Centered Design (HCD) karena pada setiap tahapan pada penelitian melibatkan pengguna. Pengujian akan dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal dan pengujian akhir. Pengujian awal dilakukan untuk menganalisa tingkat usability aplikasi LAPOR! dan Qlue. Kemudian pengujian akhir dilakukan untuk mendapatkan nilai usability rancangan rekomendasi aplikasi e-Complaint. Hasil evaluasi pada aplikasi LAPOR! berada pada kategori cukup baik, aplikasi Qlue berada pada kategori baik namun di batas bawah kategori, dan rancangan antarmuka aplikasi e-Complaint berada pada kategori baik namun melebihi tingkat usability aplikasi Qlue
English Abstract
Developing an e-Complaint application becomes one of the purposes in implementing Open Government Indonesia. Usability is an important aspect of application quality measurement. To support this, it is necessary to evaluate the e-Complaint interface so that people can comfortably use it. This study aims to evaluate two e-Complaint applications, LAPOR! and Qlue, and create a new e- Complaint application design based on the results of the evaluation of the two applications. Evaluation carried out using usability testing which is supported by the USE questionnaire which includes four parameters namely usefulness, ease of use, ease of learning and satisfaction. Each parameter has several statements that will be given to the user to assess the usability level of the application. The Preparation of improvement framework in this research is by using Human Centered Design (HCD), because at each stage of the research involves the user. Testing will be done twice, preliminary and final testing. Initial tests were performed to analyze the usability level of LAPOR! and Qlue. Then the final test is done to get the value of usability of the e-Complaint application recommendation design. Evaluation results on the LAPOR! application is in a “good enough” category, Qlue is in a “good” category but in the lower limit of the category, and the application design of the e-Complaint application is in a good category but exceeds the level of Qlue.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/629/051901885 |
Uncontrolled Keywords: | human centered design, hcd, usability, pengujian usability, kuesioner USE, e-Complaint. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 May 2019 02:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166826 |
Preview |
Text
Malik Abdul Azis.pdf Download (38MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |