Konflik Dan Negosiasi Dalam Industri Musik Yang Tercermin Dalam Film Kanojo Wa Uso Wo Aishisugiteru Karya Sutradara Norihiro Koizumi

Ohorella, Reval Renaldy (2018) Konflik Dan Negosiasi Dalam Industri Musik Yang Tercermin Dalam Film Kanojo Wa Uso Wo Aishisugiteru Karya Sutradara Norihiro Koizumi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konflik dapat terjadi di mana saja, seperti dalam industri musik. Ogasawara Aki, seorang penulis lagu berselisihpaham dan menentang Takagi Soichirou, seorang kepala managemen dari sebuah industri musik yang selalu memanfaatkan orang lain untuk kepentingan dirinya dan bisnis semata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran konflik serta strategi negosiasi yang terjadi di dalam industri musik dalam film Kanojo Wa Uso Wo Aishisugiteru karya sutradara Norihiro Koizumi. Untuk pemecahan masalah akan digunakan pendekatan sosiologi sastra oleh Ian Watt, jenis-jenis konflik oleh James A.F. Stoner & Charles Wankel, strategi negosiasi oleh Arbono Lasmahadi, dan teori mise-en-scene Sikov. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang terjadi dalam industri musik disebabkan oleh pertentangan pendapat ataupun keinginan. Ditemukan tiga jenis konflik yang terjadi dalam industri musik dalam film Kanojo Wa Uso Wo Aishisugiteru, yaitu 1. Konflik interpersonal, 2. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama, 3. Konflik intrapersonal. Konflik yang terjadi dalam industri musik tersebut tidak hanya terjadi pada tokoh Aki dan Takagi saja melainkan juga terhadap para musisi lainnya, salah satunya pada tokoh Teppei. Ditemukan juga strategi negosiasi Lose-Win (kalah-menang) dan Win-Win (menang-menang) yang digunakan Takagi untuk menyelesaikan konflik yang terjadi terhadap musisinya.

Other obstract

闘争はどこでも起こる、音楽業界でも例外ではない。作曲家である小笠原秋は自分の利益やビジネスのために人を利用する課長、高樹総一郎、を挑戦した。本研究は小泉徳彦監督による『カノジョは嘘を愛しすぎている』を使って音楽業界ではどのような「闘争」や「交渉ストラテジー」が出るか調べることにした。 問題解決を探るのに、イアン・ワアットの社会文学論、ア・フ・スットナー & チャルレス・ワンケルの闘争の種類、アルボノ・ラスマハディの交渉ストラテジー、シコヴのミセエンスチェネを使い、記述的分析を行った。 結果として、『カノジョは嘘を愛しすぎている』における音楽業界での闘争は「意見」と「願望」の違いが原因となった。『カノジョは嘘を愛しすぎている』において闘争が三つある。それは「個人間闘争」、「同団体内闘争」、「個人内闘争」である。闘争は秋と高樹に限らず、哲平という登場人物にも起こった。高樹が身内の作曲家に対して問題解決するのに「ルース/ウィン」や「ウィン/ウィン」の交渉ストラテジーを使うことがあきらかになった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/416/051812155
Uncontrolled Keywords: Konflik, Pertentangan, Perselisihan, Negosiasi, Industri Musik.
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2019 01:32
Last Modified: 17 Jun 2022 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166807
[thumbnail of Reval Renaldy Ohorella.pdf] Text
Reval Renaldy Ohorella.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item