Analisis Perbandingan Website Toko Buku Online Menggunakan Website Usability Evaluation Tool (Studi Pada Bukukita Dan Tokopedia)

Fajrin R, Lestari (2017) Analisis Perbandingan Website Toko Buku Online Menggunakan Website Usability Evaluation Tool (Studi Pada Bukukita Dan Tokopedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-commerce merupakan salah satu bukti perkembangan bisnis yang terjadi di Indonesia. Salah satu yang layak disoroti adalah e-commerce penjualan buku. Sebagian besar mengkhususkan situsnya sebagai penyedia layanan jual beli buku. Sebagian lainnya menjadikan buku sebagai salah satu item yang mereka tawarkan. Bukukita dan Tokopedia merupakan salah satu dari masing-masing contoh di atas. Namun kedua situs web tersebut masih belum memiliki tingkat usability yang maksimal serta masih terdapat banyak kekurangan yang mengurangi kenyamanan pengguna. Penelitian ini membandingkan kedua situs web dalam aspek usability agar mengetahui bagaimana tingkat usability kedua situs web tersebut serta situs mans yang lebih memudahkan pengguna. Evaluasi kedua situs web tersebut menggunakan kuesioner WEBUSE yang terdiri dari 4 kategori yaitu: (1) content, organisation, and readability, (2) navigation and links, (3) user interface design, dan (4) performance and effectiveness. Sampel yang diambil adalah masyarakat berusia 17-25 tahun yang telah mengunjungi situs web Bukukita atau Tokopedia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kedua situs web berada pada level usability good dan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Kategori content, organisation, and readability merupakan kategori dengan tingkat usability tertinggi pada kedua situs web. Sedangkan kategori performance and effectiveness merupakan kategori dengan tingkat usability terendah pada kedua situs web karena atribut ke-20 memiliki nilai yang sangat rendah. Perlu adanya perbaikan di beberapa aspek untuk meningkatkan usability serta agar dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada kedua situs web tersebut.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/774/051711913
Uncontrolled Keywords: evaluasi, situs web, &commerce, usability, webuse
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:54
Last Modified: 25 Jun 2019 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166798
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item