System Diagnosis Penyakit Tanaman Kentang Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Noviyanto, Achmad Dwi (2018) System Diagnosis Penyakit Tanaman Kentang Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kentang di Indonesia adalah salah satu makanan yang penting, karena mempunyai beberapa gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi. Dengan adanya tanaman kentang ini para petani kentang mampunyai nilai ekonomi yang relatif tinggi. Belakangan ini konsumen yang mengkonsumsi kentang juga cenderung meningkat. Dengan tingkat itu maka petani kentang juga akan bertambah banyak, khawatir akan semakin banyak penyakit tanaman kentang yang dapat merugikan para petani kentang. Dalam pengendalian penyakit kentang petani kentang harus dapat mengetahui penyakit-penyakit kentang dan solusinya secara tepat dan benar. Dengan aplikasi yang penulis buat ini bisa di jadikan pedoman para petani kentang dalam cara mendeteksi dan mengetahui solusi penanggulangan penyakit yang diderita oleh tanaman kentang tersebut. Pada aplikasi yang penulis buat ini dapat mendeteksi 10 penyakit tanaman kentang dangan 37 gejala yang diderita. Di dalam aplikasi ini menerapkan konsep artificial intelegence, dengan menggunakan metode fuzzy tsukamoto. Aplikasi yang kami buat ini sudah di validasi oleh pakar tanaman kentang dengan tingkat akurasi yang didapatkan dari sistem sebesar 100%.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/427/051807587
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar,Penyakit Tanaman Kentang, Fuzzy Tsukamoto,Android
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests > 632.3 Diseases / Plant diseases > 632.302 85 Diseases (Computer applications)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jun 2019 08:40
Last Modified: 21 Jun 2019 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166785
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item