Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menyimak Bipa Tingkat Dasar Berbasis Aplikasi Ionic Di Universitas Brawijaya

Amalia, Rina Rizki (2018) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menyimak Bipa Tingkat Dasar Berbasis Aplikasi Ionic Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, bahan ajar yang dikembangkan berupa bahan ajar Keterampilan Menyimak BIPA Tingkat Dasar Berbasis Aplikasi Ionic yang dilakukan di Universitas Brawijaya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar. Produk ini memiliki empat aspek utama, yaitu (1) kelayakan isi; (2) kelayakan penyajian; (3) kelayakan bahasa; dan (4) kelayakan kegrafikan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan modifikasi model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang memiliki tujuh tahapan dengan dilakukan uji coba sebanyak dua kali yaitu uji coba awal dan uji coba lapangan. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal dari hasil wawancara, angket ahli materi, ahli media, ahli desain grafis, praktisi ahli, dan angket respon pembelajar. Pada tahap analisis data pengembangan produk awal dari respon pembelajar diperoleh persentase sebesar 86,93%. Sedangkan pada produk akhir hasil respon pembelajar diperoleh persentase sebesar 90,28%. Berdasarkan hasil angket validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 76,33% pada validasi I dan 94,9% pada validasi II. Berdasarkan hasil angket validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 80% pada validasi I dan 88,3% pada validasi II. Berdasarkan hasil angket validasi ahli desain grafis diperoleh persentase sebesar 83,3% pada validasi I dan 91,7% pada validasi II. Berdasarkan hasil angket validasi praktisi ahli diperoleh persentase sebesar 62% pada validasi I dan 62,75% pada validasi II. Hasil analisis data dan implementasi penggunaan bahan ajar Keterampilan Menyimak BIPA Tingkat Dasar Berbasis Aplikasi Ionic pada kelas BIPA tingkat dasar diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 83,33% pada uji coba awal dan hasil nilai ratarata sebesar 89,1% pada uji coba lapangan. Oleh karena itu, bahan ajar Keterampilan Menyimak BIPA Tingkat Dasar Berbasis Aplikasi Ionic dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan menyimak BIPA tingkat dasar.

English Abstract

In this research, develops materials for listening basic level of BIPA by using Ionic Application in Universitas Brawijaya. This research is aimed to produce a materials product. Furthermore, this product has four main aspects: (1) proper contents; (2) proper serving; (3) proper language; and (4) proper graphic. This research use Borg and Gall research and development model modification which has seven stages and two trials. This research use verbal and non-verbal data from interview process, material expert questionnaire, media expert questionnaire, instructor questionnaire, and student response questionnaire. At the first product analysis and development stage, the researcher obtained a percentage of 86,93% resposes from students. While from result of the second product, the researcher obtained 90,28%. Based on the material expert validation questionnaire result, the researcher obtained 76,33% in the first validation and 94,9% for the second validation. Based on the media expert validation questionnaire result, the researcher obtained 80% in the first validation and 88,3% for the second validation. Based on the desain graphic expert validation questionnaire result, the researcher obtained 83,3% in the first validation and 91,7% for the second validation. Based on the instructor validation questionnaire result, the researcher obtained 62% in the first validation and 62,75% for the second validation. The results of data analysis and implementation listening skill materials at basic level of BIPA using Ionic application is gained in average 83,33% in first phase and the researcher got 89,1% tryout in field. Therefore, listening skill materials at basic level using Ionic application can be said valid and appropriate to use on teaching listening on basic level of BIPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/134/051805906
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Keterampilan Menyimak BIPA, Model Penelitian Borg dan Gall, Aplikasi Ionic, Research and Development, Materials, Basic Listening Skills, Borg and Gall Research Model, Ionic Application.
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.1 Organization and activities in higher education > 378.17 Methods of instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Apr 2020 12:29
Last Modified: 22 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166771
[thumbnail of RINA RIZKI AMALIA.pdf]
Preview
Text
RINA RIZKI AMALIA.pdf

Download (35MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item