English Learning Motivation By Military Staffsat Batalyon Pembekalan Dan Angkutan 2/Kostrad

Chusnindya, Frizki Nuriza (2018) English Learning Motivation By Military Staffsat Batalyon Pembekalan Dan Angkutan 2/Kostrad. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerolehan Bahasa Kedua atau PB2 merupakan proses mempelajari bahasa kedua setelah mempelajari bahasa pertama biasanya untuk individu atau grup. Setiap orang yang ingin mempelajari bahasa kedua pasti mereka mempunyai motivasi untuk mempelajarinya. Motivasi adalah kekuatan individu yang menuntun individu tersebut untuk bertindak untuk mencapai suatu tujuan. Dalam penelitian ini, ada dua tipe motivasi dalam PB2 yang dibahas yakni motivasi instrumental dan motivasi integratif. Peneliti dalam studi ini menggunakan teori Brown (2000) untuk menganalisa data. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tipe-tipe dari motivasi di Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/Kostrad. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja tipe-tipe motivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris oleh tentara Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/Kostrad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan kesesuaian pendekatan tersebut dengan jenis data yang dianalisa. Pengumpulan data oleh peneliti dilakukan dengan carao brservasi kegiatan para tentara ketika sedang berada di ruang kelas, memodifikasi SILL untuk digunakan sebagai kuesioner, membuat catatan dari kegiatan para tentara dan menganalisa data yang sudah dibuat oleh tentara Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/ Kostrad. Peneliti menganalisa data dengan cara mengidentifikasi semua kegiatan yang di dapat peneliti dalam observasi, mengklasifikasikan data, mengintrepretasikan data, menganalisa tipe motivasi dalam belajar Bahasa Inggris dan menyimpulkan secara keseluruhan dari permasalahan yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peneliti menemukan empat pertanyaan dari motivasi instrumental dan pertanyaan nomor tiga dan empat tepat dengan karakteristik dari motivasi instrumental. Kemudian, untuk motivasi integrative peneliti menemukan tiga pertanyaan dan semua pertanyaan tersebut tidak menyangkal karakteristik dari motivasi integrative. Sehingga, tipe motivasi dari Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/Kostrad lebih dominan kepada instrumental motivation. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya yang menjadikan militer sebagai objek dalam penelitian terutama dalam meneliti motivasi belajar Bahasa Inggris dan meneliti lebih dalam lagi motivasi apa yang ada didalam diri mereka.

English Abstract

Second language acquisition is the process of learning language after learning first language usually for individual or group as young children. Every people want to learning language certainly they have motivation to learn it. Motivation is an individual‟s power which lead individual to act in order to achieve a goal. For analyzing the motivation the reseacher use the types of motivation in the SLA, which are instrumental motivation and integrative motivation. The researcher focuses in the types of motivation to analyze the data of the research using Brown‟s theory (2000). This research is purpose to analyze the types of motivation in the Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/Kostrad. The problem of the study is the finding or investigation of the types of their learning motivation by military staffs at Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/Kostrad on English language learning. This research used qualitative approach because it is suitable with this data of this research. The researcher collected the data by observing the utterances in the class room, modifying SILL to the questionnaire, taking a note from the utterances, analyzing the utterances produced by Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/ Kostrad. The researcher analyzes the data by Identifying all of the utterances that the writer got during the observation, classifying the data, interpreting the data, Analyzing the types of motivation from the data, the last is making conclusion from the entire problems that have been analyzed before. The result of this research shows that the researcher found four questions from instrumental motivation and questions number three and four is appropriate with the characteristics of instrumental motivation. Then, for integrative motivation the researcher found three questions and all question do not contradict with the characteristics of integrative motivation. So, types of motivation of Batalyon Pembekalan dan Angkutan 2/Kostrad more dominat to the instrumental motivation. The researcher suggests the next researcher who conducts the military as the object of the study especially what kinds of motivation themselves to learning English.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/131/051805665
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence > 153.1 Memory and learning > 153.15 Learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Apr 2020 14:18
Last Modified: 31 Mar 2022 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166711
[thumbnail of Frizki Nuriza.pdf] Text
Frizki Nuriza.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item