An Analysis Of Efl Teachers’ Strategies In Teaching Speaking

Fals, Iwan (2018) An Analysis Of Efl Teachers’ Strategies In Teaching Speaking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam mengajar berbicara bahasa Inggris, guru bahasa Inggris diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang bagus, namun juga memiliki pengetahuan yang luas tentang strategi mengajar berbicara untuk menciptakan kelas yang kooperatif dan meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar berbicara. Mereka harus memiliki pengetahuan yang luas dalam mengimplementasikan strategi-strategi tersebut secara tepat sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi mengajar berbicara yang diterapkan oleh guru-guru bahasa Inggris di MAN 2 Probolinggo sebab mereka berperan dalam pencapaian gemilang sekolah tersebut dalam berbagai kompetisi berbicara bahasa Inggris yang mengindikasikan bahwa mereka mampu membuat siswa belajar berbicara bahasa Inggris dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus untuk mendapat informasi tentang strategi mengajar berbicara guru-guru tersebut beserta implementasinya. Subyek penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris di MAN 2 Probolinggo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi kelas dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif untuk mendapatkan informasi secara detail tentang strategi mengajar berbicara yang diterapkan oleh subyek penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kedua guru menerapkan aktifitas diskusi, permainan komunikasi, berdongeng, permainan peran, dan drilling sebagai strategi mengajar berbicara. Strategi mengajar berbicara yang paling dominan adalah drilling. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan guru-guru bahasa Inggris memiliki strategi bengajar berbicara yang variatif seperti aktifitas diskusi, permainan komunikasi, berdongeng, dan permainan peran untuk menjadikan aktifitas berbicara lebih menarik dan untuk mendapatkan ketertarikan siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris.

English Abstract

In teaching speaking English, EFL teachers are expected not only to have good English proficiency especially in speaking, but also have prominent knowledge of teaching speaking strategies to create a cooperative classroom and gain students’ interest in learning speaking. They should be well-informed in implementing the strategies in the right time and place according to students’ characteristics and needs. This present study aims to describe the teaching speaking strategies applied by the EFL teachers at MAN 2 Probolinggo as they had contributed to the great achievement of the school in speaking contests which indicated that they were able to make their students learn speaking skill well. This study used case study research design as it attempted to find out the teaching speaking strategies and their implementation of the teachers. The subjects were two EFL teachers at MAN 2 Probolinggo. In collecting the data, classroom observations and interview were used as the techniques. The data collected were analyzed qualitatively in order to get in-depth information about the teaching speaking strategies of the teachers. The findings showed that both of the teachers implemented discussion activity, communication games, storytelling, role-play, and drilling as the teaching speaking strategies. The most dominant teaching speaking strategy was drilling. Based on the findings, it is suggested for EFL teachers to have variations in their teaching speaking strategies such as discussion activity, communication games, storytelling, and role-play to make speaking activities more interesting and catch students’ interest in learning speaking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/147/051805919
Uncontrolled Keywords: teaching strategies, teaching speaking, strategi mengajar, mengajar berbicara bahasa Inggris
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:14
Last Modified: 31 Mar 2022 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166706
[thumbnail of Iwan Fals.pdf] Text
Iwan Fals.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item